Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaya Paten Head Lamp dan Cover Body Skubek Vietnam

billy - Senin, 21 Maret 2011 | 15:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bodi bisa langsung dipasang tanpa ubahan
Pemilik skubek memang banyak untungnya. Selain keberadaan variasi paten yang melimpah dan banyak pilihan, untuk gonta-ganti wajah dan tampilan bodi depan juga bukan perkara susah. Bukan apa-apa, bodi plus head lamp skubek yang dipasarkan di Vietnam sudah bisa langsung pasang atau plug and play aja kalau pasang ke bodi skubek lokal. 

Kenapa bukan pasang bodi dari Thailand? Nah, skubek yang diluncurkan di Thailand kebanyakan memiliki bodi depan sama dengan skubek lokal. "Paling perbedaan bodi Thailand dengan skubek lokal hanya pada striping dan nama model.

Sedang bodi depan skubek yang diproduksi di Vietnam punya banyak perbedaan mencolok dengan produk lokal. Ada tiga varian skubek Vietnam yang modelnya satu tipe dengan skubek lokal. Seperti Honda Click Exeed, Yamaha Nouvo Limited dan Suzuki Hayate.

"Ketiga skubek Vietnam itu dipastikan bisa saling tukar dengan bodi depan berikut reflektor lampu dengan skubek lokal,” jelas Anton dari gerai variasi ProKiss di Jl. Raya Bogor, Depok.

Untuk Honda Click Exeed setipe dengan Honda Vario, sedangkan Nouvo Limited bersanding dengan Nouvo Z, terakhir untuk Suzuki Hayate sama persis dengan Suzuki Skywave. “Kalau lihat bodi belakangnya sih sama saja,” lanjut Anton. 

Tapi, kalau mengamati bagian depan,  ada banyak perbedaan mencolok. Utamanya bodi pada cover depan dan mika lampu yang memiliki desain unik karena lampu yang berada di bodi depan ini desainnya menyatu. “Tidak seperti bawaan Vario, Nouvo Z, atau Skywave yang terpisah kanan dan kiri,” ujar Anton yang menjual bodi skubek Vietnam ini.

No caption
No credit
No caption

 Sambungan body sama persis
Asyiknya juga, kalau skubek lokal seperti yang dipasang di atas ganti dengan bodi depan produk skubek Thailand. "Bikin pangling orang yang ngeliat, soalnya bagian depan motor jadi kelihatan berbeda," jelas Rudi Himawan, pemilik Suzuki Skydrive yang sudah ganti bodi depan dan lampu milik Suzuki Hayate ini.

Lain lagi dengan pengalaman Agus Maulana yang punya Yamaha Nouvo. Dia malah dibilang varian baru yang diluncurkan pabrikan. "Waktu itu pas di jalan ada yang tanya, ini Yamaha Nouvo baru ya," cerita pria tinggal Gandul, Cinere, Depok.

Pemasangan bodi Vietnam ini dipastikan juga enggak bikin ribet. Soalnya dudukan bodi sama persis dengan  skubek yang diproduksi di Indonesia. “Tinggal lepas baut pengikat cover depan standar berikut lampu milik bodi skubek lama," jelas pria bertubuh gempal ini.

Lalu setelah bodi asli bawaan motor dilepas, tinggal pasang paket bodi depan skubek Vietnam tadi. "Enggak usah repot bikin dudukan baru lantaran sudah bisa langsung dipasang. Itu karena sambungan bodinya sudah sama persis,” lanjut Anton sambil bilang kalau ini berlaku juga untuk ketiga motor skubek lokal yang dijelaskan di atas.

Cuma untuk memasangnya harus sabar dan hati-hati. Maksudnya, jangan sampai sambungan klip pengikat bodi patah. "Kalau sudah kejadian begini, bodi mudah bergetar, terutama saat melintas jalan kriting," wanti Anton. 

Bicara pilihan warna bodi Vietnam kelirnya terbatas, seperti Yamaha Nouvo Z tersedia kelir bodi putih dan merah. Untuk Suzuki Skywave pilihannya warna biru dan merah, sedangkan Honda Vario hanya tersedia kelir merah. “Masukkinnya enggak banyak jadi pilihan warna terbatas,” jelas Anton yang katanya langsung belanja bodi ini di Vietnam.

Biar looknya terlihat nyentrik, silakan bodi Vietnam ini dicat sesuai dengan warna bawaan motor. Atau lebih keren sebelum  pasang bodi Vietnam seluruh bodi yang nempel pada motor dicat ulang atau diairbrush sesuai selera. 

Seperti hasil modifikasi Yamaha Nouvo Z  yang pernah dilakukan oleh Johanes dari gerai variasi X-16 di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat. "Kalau sudah ganti bodi dan diberi sentuhan airbrush bikin orang pangling," jelas Johanes yang motor garapannya sempat menang di beberapa event contezt modifikasi.

Buat yang tertarik silakan langsung meluncur ke gerai Pro Kiss. Satu set bodi dan reflektor skubek Vietnam ini dibanderol Rp 2 jutaan. “Untuk bodi Nouvo Z, Vario, dan Skywave harganya sama,” promosi Anton yang menambahkan kalau harga yang dipasangnya itu sudah berikut ongkos pasang.


 Fitting lampu harus dibuat satu
Bohlam Tunggal 
Desain yang paling membedakan antara bodi depan skubek lokal dan Vietnam ada pada mika lampu. Model reflektornya menganut bohlam tunggal. Sedangkan bohlam pada skubek lokal rata-rata mengaplikasi dua bohlam pada reflektor.

Makanya, untuk aplikasi ke bodi skubek lokal perlu ada penyesuaian di pemasangan fitting atau bohlam lampu. “Biar enggak ribet saat proses pemasangan, bodi ini dijual sudah termasuk dengan fitting atau rumah lampu model tunggal,” pasti Anton yang memang sudah bawaan dari mika lampu.

cara mengaplikasinya, kabel fitting kudu dibuat satu, lantaran mika lampu standar skubek lokal memiliki dua fitting. Jadi fitting lama kudu dilepas dulu lantas dibikin jadi satu kabel yang langsung disambungkan ke fiting bawaan reflektor baru. Proses pemasangan ini, diyakini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Artinya, tidak bikin repot. 

“Kalau enggak mau repot atau takut salah saat proses pemasangan berlangsung ketika merangkainya, silakan bawa motor ke bengkel saat membeli baju baru Vietnam ini. Tentu biar mekanik nisa langsung pasang bodi berikut fitting lampu ke motor,” saran Anton. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa