Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Balancer Duralium Pengganti Sentrifugal

billy - Jumat, 18 Maret 2011 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Duralium enteng untuk Honda Blade
Untuk
keperluan kohar atau korek harian atau balap resmi, banyak yang melepas kopling manual. Otomatis banyak juga yang melepas sentrifugal supaya putaran mesin jadi enteng. 

Namun akibat rumah kopling sentrifugal dilepas, efeknya lengan kruk as jadi kosong. “Solusinya harus dibuatkan pengganjalnya. Kebanyakan mekanik diganti yang sangat ringan,” ujar Nanang Gunawan dari MCC Motorsport.

Dulu masih banyak yang mengandalkan bahan dari besi biasa. Dirasa masih berat. Untuk itu, Koh Nanang bikin dari bahan duralium. Sangat ringan sekali.

Berat balancer atau ganjal buatan Koh Nanang hanya 1,1 ons atau 110 gram. “Sudah banyak disebar ke tim balap Honda,” jelas Koh Nanang yang mantan pembalap era 70-an itu.

Balancer khusus Honda Blade ini rencananya akan dikembangkan. Ada yang lebih berat namun pemilihan bahan masih tetap dari duralium juga. Fungsinya untuk mengejar torsi. Supaya tidak hilang.

Karena dibuat dari duralium, otomatis harga jualnya jadi lumayan tinggi. Balancer ukuran kecil dibanderol Koh Nanang Rp 350 rebu. “Sementara untuk ukuran besar dan masih diriset itu, dipastikan bisa lebih mahal,” ucap Koh Nanang dari Jl. Batu Ampar 1, No. 100, Condet, Jakarta Timur.  Telepon (021) 8006836. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa