Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aneka Stiker Bodi Matik, Gaya Standar Thailland

billy - Rabu, 9 Maret 2011 | 12:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Orisinal desain atau part, silakan dipilih!
Tidak
sedikit motor yang beredar di Tanah Air juga sama dengan motorcycle di Thailand sono. Terlebih untuk motor matik alias skubek. Tapi, tentu tetap punya perbedaan. Terutama dalam desain striping atau stiker bodi.

Stiker bodi semplakan matik Thailand terkadang terlihat lebih menarik. Buat sobat yang tertarik ingin coba mengubah tampilan desain bodi, silakan aja dilirik model yang paling disuka.

Menariknya, yang ditawarkan memang grafis atau gambar bawaan orisinal motor di sana. “Dari desainnya memang. Tapi, dari bahannya menggunakan Kodak Paper. Tapi gak kalah bagus kok dengan vaersi yang asli,” pasti Temmy dari Tem’s Motor di Jl. Kebon Jeruk III No. 18, Kota, Jakarta Barat.

Meski sekarang ini ada juga banyak beredar stiker lokal, tapi kualitasnya beda. "Terlihat ketika akan dipernis. Pasti langsung ngangkat. Sementara kalau untuk stiker Thailand tidak begitu,” tambahnya.

Harga, cukup beragam. Tapi semua bermain di kisaran Rp 80–120 ribuan. “Semua tergantung desain dan corak dari stiker itu sendiri,” timpal Johny Lipurnomo dari Custom World di Jl. Summagung III, Blok E-2, No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tapi sayang, stiker keren ini baru hanya tersedia buat matik Honda dan Yamaha doang. Untuk matik Suzuki masih belum ada. “Karena di Thailand sendiri sulit menemukan striping untuk matik Suzuki,” tambah Denny Jonathan dari Kodok Racing, Jakarta Pusat.

No caption
No credit
No caption

Tema Hip-hop buat Scoopy
Matik Honda

Pemilik matik Honda, boleh bersenang hati. Sebab, striping bodi untuk semua matik pabrikan lambang Sayap Tunggal itu ada. Mulai dari Honda Vario, BeAT, Vario CBS hingga Scoopy.

Bikin asyik lagi, milik Honda Scoopy lebih beragam. Desain grafis hingga ke arah racing saja. Tapi, desain bergambar juga. “Memang itu biasa disebut tema Hip-Hop,” ulas Johny Lipurnomo.

Desain Hip-Hop ini bergambar kaum muda bertopi. Pilihan warna yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari hijau, biru, merah dan kuning. Tapi, ada juga desain girly. Gitu juga tema elegan mirip batik. Semua dibanderol Rp 80–120 ribu.

Tapi jika ingin pakai desain Hip-Hop orisinal bawaan Scoopy-I Thailand, silakan kontak ke MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, No. 20C, Kota, Jakarta Barat. “Tentunya kualitas lebih bagus dari yang biasa,” ungkap Miekeel Tjahjanto selaku owner.

Tapi, ada juga sih desain yang bukan striping bawaan motor. Melainkan, desain dari merek part tertentu. Seperti desain Ride It. Penjualnya, Custom World. “Harga sekitar Rp 450 ribu,” bilang Johny yang berkacamata.

No caption
No credit
No caption

Yamaha tawarkan grafis sporty
Matik Yamaha

Pemacu skubek Ya­maha juga jangan tinggal diam. Sebab desain yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan skubek Honda lho. “Tapi, kebanyakan mengusung tema sporty. Mulai keluaran lama hingga sekarang,” beber Denny Jonathan dari Kodok Racing di Jl. Rajawali Selatan No. 12A, Jakarta Pusat.

Mulai dari Yamaha Mio Sporty, Soul, Nouvo Z hingga yang terbaru yaitu Yamaha Xeon 125 juga hadir. So, tinggal pilih sesuai keinginan aja. Begitu pula tampilan warna. Cukup beragam! Putih, silver, merah, hijau, biru, oranye dan kuning pun ada.

Oh iya. Ketika memilih stiker, sobat kudu perhatikan. Biasanya di stiker tertera angka. “Angka ini mewakili warna striping yang ada. Misal jika ada angka 1 hingga 7 dengan kelir berbeda, itu menandakan ada 7 warna stiker,” tegas Temmy.

Begitu juga dengan tahun. Menurut Temmy, tahun itu mewakili striping untuk motor yang diproduksi. Misalnya, 2007. Maka striping inilah yang dipakai di motor yang diproduksi di era 2007. “Tapi, meski tahun lama, grafisnya tetap banyak yang suka lho,” kata Temmy meyakinkan.

 
Bebek Dan Sport

Enggak fair kalau enggak mengumbar striping buat motor selain matik. Sebab, ada juga sih string buat pacuan bebek dan sport meski terbatas untuk beberapa tipe. Seperti striping untuk Suzuki Satria F-150. Di Thailand sendiri, lebih dikenal sebagai Suzuki Raider 150. Buat sobat pemacu F-150 yang ingin lirik, monggo cuy.

Selain itu, ada juga striping bodi bagi Yamaha Jupiter MX 135LC yang mengusung nama Spark di sana. Juga, untuk Yamaha X-1. “Tapi di antara semua striping, yang cukup laku yaitu untuk Honda CBR150,” pasti Temmy.

Sebab striping CBR150 Thailand ini banyak dia­plikasi Mona alias motor Cina yang desainnya serupa dengan Honda CBR150. Dengan begitu, kesan Mona langsung hilang.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa