Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sorot Lampu Utama Putih! Bahaya Bro

billy - Selasa, 30 Oktober 2012 | 12:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Dulu, orang mengenal warna sinar bohlam pada motor hanya kuning. Tapi, kini banyak produk aftermarket yang menawarkan bohlam dengan sinar yang beraneka warna. Mulai kuning emas, putih, biru hingga ungu.

Menurut Mark Karlen dan James Benya dalam bukunya berjudul Lighting Design Basic, warna ini ditentukan oleh temperatur warna yang dijelaskan dengan satuan Kelvin. Makin tinggi nilai Kelvinnya, makin terang cahaya yang dihasilkan. Misal bohlam standar motor mempunyai 4300 Kelvin manghasilkan cahaya berwarna Kuning.

Lalu ada bohlam HID yang temperatur warnanya 6000-8000 Kelvin yang cahayanya putih dan kebiru-biruan. Bahkan ada bohlam yang mempunyai 15000 Kelvin dan menghasillan cahaya warna ungu.

Untuk pemakaian sehari-hari, memakai bohlam berkelvin tinggi sangat tidak dianjurkan. Terutama saat berkendara di tengah hujan atau kabut. Cahaya putih dan kebiruannya akan bias ketemu air hujan dan tidak bisa menembus kabut. Otomatis, jarak pandang jadi pendek. Sehingga kita tidak bisa mengetahui situasi lalu lintas di depan kita. Bahaya, Bro.

Itulah mengapa pabrikan hanya merekomendasikan bohlam dengan warna kekuningan. Warna warna kuning mampu menembus kabut dan tetap terlhat kala hujan deras.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa