Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur Safety Motor Baru, Bikin Aman dan Nyaman

billy - Rabu, 18 Juli 2012 | 10:41 WIB
No caption
No credit
No caption

Pada motor terkini, beberapa pabrikan telah melengkapi berbagai fitur keselamatan juga kenyamanan. Berbagai fitur ini sudah diaplikasi di hampir semua katagori. Mulai skubek, bebek atau motor sport.

Beberapa peranti ini sudah banyak yang dijual secara bebas dengan tampilan yang lebih menarik. “Makin ke depan, standar keamanan dan kenyamanan dari pabrikan makin tinggi,” ungkap Indra Dwi Sunda, Corporate Communication Head Yamaha Indonesia. Apa saja, peranti yang membuat berkendara menjadi aman dan nyaman itu.

No caption
No credit
No caption

PENAHAN BODI & RADIATOR
Di beberapa motor ada alat untuk mencegah kerusakan kalau terjadi kecelakaan. Seperti, untuk body di sebut frame slider. Atau di skubek Xeon 125 ada penahan berupa batang yang berfungsi menjaga agar selang radiator tidak pecah ketika jatuh.

“Frame slider kebanyakan dipakai untuk motor sport seperti Ninja 250R dan CBR 250R,” cetus Angga, owner Anjany Motor.

Sedangkan, pada Yamaha Xeon 125 posisi slang radiator yang letaknya ada di bawah dan memang rawan terhadap benturan.

“Akibat benturan ini bisa menyebabkan radiator bocor. Makanya dilindungi dengan penahan. Sehingga sebelum kena radiator ditahan dulu oleh batang besi itu,” jelas M. Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

No caption
No credit
No caption

SETANG BALANCER
Di motor injeksi seperti Supra X 125 PGM-FI dan Honda Spacy Hem-in PGM- FI sudah ada fitu setang balancer. Fungsinya agar mesin OFF saat terjadi kecelakaan. Karena fungsi ini di motor injeksi terdahulu memanfaatkan bank angle sensor.

“Kalau ada balancer di ujung setang, saat motor terjatuh, putaran mesin tetap langsam. Sebab ujung grip gas tidak keplintir aspal yang memungkinkan piston skep terbuka dan putaran mesin jadi naik.

Itu sebabnya sekarang pakai balancer saat akan menghidupkan motor kembali, putar kunci kontak ke posisi OFF, lalu putar ke posisi ON untuk melakukan reset. Tindakan ini akan memungkinkan motor dinyalakan kembali,” kata Sarwono Edhi, Training Development Analyst PT Astra Honda Motor (AHM).


COVER KNALPOT
Pelindung knalpot terdapat di semua katagori motor,. Di skubek, hampir seluruh tipe sudah mengaplikasi. Di motor sport, Yamaha V-ixion juga telah menggunakan.

Pelindung knalpot bisa membantu mengurangi daya hantar panas. Sehingga aman. Bahan pelindung knalpot dibuat dari plastik. Beberapa pabrikan bahkan sudah mendesain cover muffler ini lebih menarik. Dengan warna yang tidak hanya hitam. Namun juga merah dan putih.

Bahkan, di beberapa pedagang variasi juga banyak dijual pelindung dari sengatan panas saluran buang ini. Di pasaran pelindung knalpot custom ditawarkan beraneka warna. Baik bahan, motif dan pilihan warna. Bahan yang lebih murah ditawarkan adalah plastik. Lalu karbon dan yang paling mahal dan kini sudah mulai ramai dipakai adalah aluminium.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Harga ada di kisaran Rp 200 - Rp 500 ribu. Pastinya tergantung dari bahan dan motif pelindung knalpot itu sendiri. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa