Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlengkapan Safety Riding, Jangan Asal Pakai

billy - Rabu, 11 Juli 2012 | 06:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Angka tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor cukup memprihatinkan. Terlebih dengan bertambahnya populasi kendaraan roda dua yang menambah semrawutnya jalanan. Belum lagi tingkat kesadaran disiplin pengendara yang masih rendah.

Sikap preventif wajib dilakukan pengendara. Seperti pakai helm sebagai pelindung utama kepala, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang menutupi sampai mata kaki. Tetapi sekarang banyak beredar peralatan safety lebih lengkap.

Mulai dari pelindung dada. Protektor ini banyak ditawarkan macamnya. Penggunaannya pun bisa disesuaikan. Bagi pengendara harian banyak pakai protektor hanya melindungi di bagian dada.

Tapi kalau mau lebih lengkap bisa kita lihat atribut perlengkapan saftey yang banyak digunakan komunitas atau klub. Banyak di antara mereka yang memakai perlengkapan safety tambahan untuk melindungi tangan bagian sikut, dan kaki untuk melindungi lutut.

Tentunya ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih pada bagian itu jika terjadi benturan atau kecelakaan yang menimpa penggunanya. Makanya, melakukan persiapan dengan melengkapi peralatan safety seperti ini sudah menjadi kewajiban bagi pengendara.

Penting diingatkan untuk jangan asal pakai protektor yang melindungi lutut terlalu kekecilan. Terlalu lama menggunakannya sambil riding di atas motor bisa berakibat perlindungan darah terganggu. Makanya harus teliti jangan sampai kejar gaya dan merek kenyamanan terlupakan.

Sudah banyak toko variasi menyediakan perlengapan seperti ini. Misal AMX Motor yang mangkal di Jl. Raya Kebon Jeruk No.25 Sukabumi Utara, Jakarta Barat. Toko yang khusus menyediakan keperluan berkendara ini sudah banyak menjual aneka perlengkapan safety.

Seperti pelindung dada, sarung tangan, protektor tangan dan kaki, sampai helm. Harga yang dipasang cukup bervariasi. Pelindung dada bermerek Pitstop dibanderol Rp 25 ribu. Atau ada juga yang berbanderol Rp 72 ribu dari merek Ruv.

Perlengkapan lain seperti sarung tangan mulai dari Rp 132 ribu sampai Rp 143 ribu dari Spoyco. Sporty mulai dari Rp 54 ribu sampai Rp 60 ribu. Merek lainnya ada Maestro yang harganya dipatok Rp 40 ribu sampai Rp 57 ribu.

Pelindung tangan untuk bagian sikut ada merek Fox dengan harga Rp 82 ribu. Kemudian ada juga yang pakai label Spoyco dengan harga Rp 215 ribu.

Revi Hendrawan seorang penjaga toko menyebutkan kalau sekarang ini perlengkapan keamanan berkendara sudah lumayan tersedia dalam banyak ragam dan merek. “Peminatnya juga sudah banyak. Mereka umumnya membeli perlengkapan itu untuk pemakaian harian dan juga turing,” kata Revi.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa