Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seperti Apa Spesifikasi Yamaha YZF-R15 Versi Indonesia?

billy - Senin, 28 Oktober 2013 | 15:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Rencana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang bakal segera meluncurkan YZF-R15 cukup mengagetkan. Rencananya, motor ini bakal mengaspal mulai tahun 2014  mendatang! Lalu, seperti apa ya spesifikasi Yamaha YZF-R15 versi Indonesia?

Di India, motor ini sudah lebih dahulu meluncur. Mesinnya serupa yang digunakan New V-Ixion Lightning. Sama-sama 149,8 cc 4 klep SOHC menggunakan radiator dan rasio kompresi 10,4:1, tapi tenaga mencapai 16,83 dk/8.500 rpm dan torsi 15 Nm/7.500 rpm. Sedang New V-Ixion Lightning hanya 16,43 dk/8.500 rpm dan 14,5 Nm.

Selain power yang lebih besar karena ada perbedaan pada spesifikasi ECU, mesin R15 versi India ini juga sudah menggunakan transmisi 6 speed. Tambah satu bila dibandingkan dengan New V-Ixion Lightning yang hanya 5 speed.

Rangkanya, kalau dilihat sekilas memang mirip New V-Ixion Lightning, begitu juga dengan desain pelek dan juga lebar bannya. Hanya saja, ukuran ban belakangnya satu tingkat lebih besar, pakai 130/70-17. Swing arm-nya sudah alumunium layaknya moge. Lengan ayun ini menambah panjang wheel base jadi 1.345 mm, padahal New V-Ixion Lightning cuma 1.300 mm saja.

No caption
No credit
No caption

Panel speedometer sederhana sekali, masih kalah keren dari speedometer New V-Ixion Lighting
 
Tapi, versi India ini lampunya belum AHO dan kunci kontaknya juga belum ada pengaman magnetnya. Jika dilihat area kemudinya, ada setang jepit dan panel speedometer yang sederhana. Sudah paduan analog untuk takometer dan digital untuk info yang lain. Bentuk speedometer-nya kalah menarik dari New V-Ixion Lightning. Detail dan impresi test ride YZF-R15 versi India pernah dilakukan redaksi, klik di sini .

Sedang untuk versi Indonesia, sudah pasti ada perubahan. Menurut General Manager Promotion and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eko Prabowo, untuk spesifikasi detailnya belum tentu sama persis dengan yang sudah hadir di India. "Penyesuaian pasti ada lah. Namanya saja kita belum bisa tentukan," ungkapnya.

Sepertinya, untuk pasar Tanah Air basis-nya akan tetap menggunakan rangka dan mesin dari New V-Ixion Lightning. Lalu, apakah swing arm-nya menggunakan tipe alumunium atau tetap model yang same seperti New V-Ixion Lightning belum ada kepastian.

Lampu sudah LED. Sayangnya finishing kurang rapi, seperti pada area setang, semoga saja versi Indonesia jauh lebih rapi.
Tapi info yang masuk ke meja redaksi, pada desain bodi dan detailnya ada beberapa bagian yang berubah dari versi India. Janjinya, yang versi Indonesia akan lebih disempurnakan. Terutama pada finishing yang pasti jauh lebih halus ketimbang versi India.

Bila harus membandingkan, finishing pada New V-Ixion Lightning di Indonesia masih lebih rapi ketimbang YZF-R15 versi India. Semoga saja versi Indonesia jadi lebih baik. Oiya, tetap pakai lampu-lampu LED dan footstep alumunium ya, biar makin keren! (motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa