Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Kuasai 60 Persen Penjualan Sepeda Motor di Jawa Tengah

billy - Rabu, 17 Juli 2013 | 15:07 WIB
No caption
No credit
No caption


Astra International memiliki jaringan penjualan sepeda motor Honda melalui PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (PT AI-HSO). Totalnya ada 11 main dealer Honda di seluruh Indonesia yaitu tersebar di Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan-Barat-Tenggara, dan Papua.    

Dari 11 jaringannya, Jawa Tengah menjadi salah satu daerah dengan penjualan cukup tinggi. "Wilayah Jawa Tengah ini sangat istimewa,” buka Chief Executive PT AI-HSO Sigit Kumala disela peresmian showroom terpadu Astra Motor Center (AMC) di Semarang, Jawa Tengah, hari ini (17/7)

Menurut Sigit, pertumbuhan penjualan sepeda motor di Jawa Tengah sangat signifikan. Jika dilihat dalam satu dekade terakhir, yakni sejak  tahun 2000 hingga 2012, terjadi pertumbuhan 12 persen tiap tahunnya. Pada tahun 2000, total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 165.000 unit, lalu pada 2012, penjualan melambung hingga mencapai 650.000 unit.

Namun, jika dilihat dalam lima tahun terakhir, sejak 2009 hingga 2012, pertumbuhan penjualan sepeda motor di Jateng mencapai 20 persen.  “Melihat kondisi pasar di Jawa Tengah,  kami memperkirakan total pasar akan terus bertumbuh. Penambahannya bisa 10 sampai 12 persen,” kata Sigit.

Dari total penjualan sepeda motor di Jawa Tengah selama satu dekade itu, Honda terus menguasai pangsa pasar hingga 2012. Honda menguasai Jawa Tengah dengan pangsa pasar di atas 60 persen. Pada tahun 2012 lalu, dari total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 650.000 unit, Honda meraih penjualan 412.822 unit dengan pangsa pasar 64 persen.

Berdasarkan data AISI sejak Januari hingga Juni 2013, dengan total penjualan sepeda motor di Jateng sebesar 434.473 unit, Honda telah meraih penjualan 268.803 unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 62 persen.

“Hingga akhir tahun nanti kami optimistis bisa meraih pangsa pasar sebesar 67 persen. Sebab, dengan outlet baru tentu akan ada peningkatan pelayanan kepada konsumen, disamping adanya kehadiran beberapa tipe motor yang baru diluncurkan. Semuanya itu akan menambah porsi penjualan,” ujarnya. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa