Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda Sesuai Praktek Kerja Industri

Dimas Pradopo - Jumat, 21 Juni 2013 | 06:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Saat ini sudah ada 66 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia yang mengaplikasikan kurikulum Teknis Sepeda Motor Honda (TSMH). Apa kelebihan dari penerapannya bagi SMK jurusan Teknik Sepeda Motor Honda?

"Kami menyebutnya dengan program 'Link and Match' dimana ini akan menjadi sinergi antara dunia pendidikan dan dunia industri," buka Kristanto Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) di Sunter, Jakarta Utara (20/6).

Dalam beberapa tahun terakhir Honda telah melakukan beberapa aktifitas, mulai dari donasi unit sepeda motor Honda, pengembangan dan implementasi kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda, pengembangan kompetensi guru-guru jurusan Teknik Sepeda Motor serta pembuatan ruang praktik dan laboratorium yang sesuai dengan standart Honda.

"Untuk ruang praktik, kami membuatnya sesuai dengan standarisasi AHASS. Jadi siswa bisa mengenal suasana kerja di AHASS itu seperti apa," sela Handy Hariko Technical Training Senior Manager PT AHM.

Selanjutnya, Handy mengatakan kalau materi yang diberikan kepada SMK binaan Honda bukan materi yang umum. "Materinya berbeda dan lebih tinggi. Yang terpenting adalah kurikulum ini sudah sesuai dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin)," tegas Handy.

Bicara tentang praktek kerja dan pemahaman mengenai kurikulumnya tersebut, Honda pun menantang keahlian para siswa dalam ajang Kontes Teknik SMK Tingkat Nasional yang berlangsung di Astra Honda Traning Center (AHTC), Sunter, Jakarta Utara pada 19-21 Juni 2013.

Pemenang dari lomba ini juga diproyeksikan bisa bekerja di dunia industri khususnya jaringan Honda. Sesuai dengan program-program yang dicanangkan AHM yaitu mencetak siswa SMK yang siap kerja. "Ke depan kami ingin menambah alat-alat simulasi terkait elektrikal dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan tahun depan," tutup Handy. (motorplus-online.com 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa