Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Untuk Segala Medan, Yamaha X-Ride Lebih Jangkung dan Responsif

Dimas Pradopo - Rabu, 27 Maret 2013 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Sesuai benang merah desainnya Yamaha X-Ride akhirnya resmi diluncurkan langsung dari kaki gunung Merapi, Yogyakarta hari ini (27/3). Matik bergenre multipurpose ini diharapkan bisa menjadi pemuas bikers yang doyan bergaya ekstreem.

Oleh karenanya, meski mengusung basis mesin dan rangka yang sama dengan Soul GT, Yamaha melakukan banyak penyesuaian agar benar-benar mampu menjadi matik multipurpose. Dimulai dari kaki-kaki!

Motor ini dibekali dengan suspensi semi offroad. Shockbraker depannya lebih panjang, beitu juga dengan shokbraker belakang yang lebih panjang dan memiliki diameter lebih besar dengan tipe twin tube.

"Ban belakang lebih lebar ukurannya 100/70-14 inci. Pelek belakang juga lebih lebar sehingga lebih stabil pada kecepatan tinggi," beber M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Untuk performa mesinnya, Yamaha mengklaim akselerasi bawah dan tarikannya lebih spontan pada jarak 0-50 meter. "Perbedaan tenaga dengan Soul GT sekitar 5 persen lebih meningkat dimana top speed-nya naik 2 persen," jelas pria ramah ini.

Dengan performa yang lebih gahar ini, Yamaha pun menyempurnakan sistem pengeremannya. Discbrake depan diameternya lebih besar 3 cm dibandingkan Soul GT. Size diameter itu membuat pengeremannya lebih sempurna.

Secara desain, lampu depan bulat terlihat gagah dipadu dengan lampu senjanya unik bentuknya V menambah kesan sporty. Yang lebih mentereng lagi, desain lampu belakangnya menyerupai knalpot undertail. Sedangkan lampu seinnya menggunakan konsep Moto-Cross Flexible Flasher Lamp dimana desainnya terinspirasi motor cross yang fleksibel sehingga tidak mudah patah.

Kunci kontak X-Ride terintegrasi, memiliki tiga fungsi untuk membuka bagasi, menghidupkan motor dan mengunci motor. Sudah dilengkapi Smart Lock System.

Dengan tipikal ekstrim di segala medan, ukuran tangki bensin disediakan lebih besar menampung 4,8 liter. Pemakainya pun tak perlu khawatir dengan bekal tenaga X-Ride untuk menempuh perjalanan panjang.

Matik anyar Yamaha ini akan dipasarkan dalam tiga tipe berbeda yaitu standar, special edition dan adventure edition. Harganya Rp 14,4 juta untuk yang standar. Sedang tipe special edition dilepas Rp 15 juta dan adventure dijual Rp 16,565 juta.

Untuk tipe standar akan dilepas dengan empat pilihan warna baru yaitu drifting black (hitam orange), adventure black (hitam merah), skater white (putih merah) dan crosser blue (biru putih). Sedang pembeda untuk tipe special edition dan adventure hanya pada detail aksesorisnya. (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa