Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Xeon RC YMJET-FI Siap Meluncur Bulan Januari 2013 Ini

Dimas Pradopo - Kamis, 3 Januari 2013 | 16:54 WIB
No caption
No credit
No caption


Yamaha Xeon akhirnya akan disegarkan dalam waktu dekat. Bukan cuma desain baru, tapi sistem injeksi akan menjadi senjata anyar menantang Honda Vario Techno 125 yang sudah lebih dulu mengadopsi injeksi.

Pernyataan petinggi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi sinyal positif bagi kehadirannya. Eko Prabowo, Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT YIMM mengiyakan ketika ditanya apakah Xeon injeksi akan diluncurkan di bulan Januari 2013 ini.

"Ya, Insya Allah. Nanti kita undang ya," ungkap pria ramah ini menjelaskan kehadiran motor yang kabarnya akan menggunakan nama Yamaha Xeon RC YMJET-FI.

Besar kemungkinan Xeon injeksi yang disiapkan PT YIMM akan serupa dengan Mio 125i yang sudah diluncurkan di Thailand beberapa waktu yang lalu. Baik secara desain maupun spesifikasi mesinnya tidak akan jauh berbeda.

Dari website resmi Yamaha di Thailand, diketahui kalau mesinnya tidak banyak berubah. Tetap mengusung mesin lama yang SOHC 2 klep dan beradiator. Motor ini tetap akan mengandalkan teknologi DiAsil Cylinder dan forged piston.

Diameter pistonnya tetap 52,4 mm dan stroke-nya 57,9 mm. Kapasitas ruang bakar bersihnya tetap 124,9 cc. Yang paling membedakan adalah aplikasi injeksi YMJET-FI nya. Teknologi ini memang khusus dibuat Yamaha untuk motor-motor kecil khususnya matik.

Dimensinya pun sebelas-dua belas dengan Xeon terdahulu. Tapi ada yang membedakan yaitu aplikasi side stand switch atau standar samping yang otomatis mematikan mesin ketika belum terlipat. Juga menyiapkan parking brake lock yang merupakan kunci roda ketika parkir, fungsinya agar motor tidak tergelincir ketika parkir di jalanan yang tidak rata,

Selain itu Yamaha juga telah menyiapkan transmisi baru yang lebih responsif tapi tetap halus sesuai dengan input bukaan gas sang pengendara. Keunggulan lain adalah bobotnya yang lebih ringan 3 kilogram bila dibandingan dengan model sebelumnya. Mio 125i ini beratnya hanya 100 kilogram, sedang yang lama 103 kilogram.

Apakah keunggulan-keunggulan ini akan ada di Xeon injeksi terbaru??? Kita tunggu saja..!!! (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa