Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Siapkan Mesin Tiga Silinder Baru Berteknologi MotoGP

Dimas Pradopo - Kamis, 4 Oktober 2012 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Lorenzo bersama mesin baru Yamaha
Di Intermot 2012 yang digelar di Cologne, Jerman, Yamaha memajang mesin 3 silinder terbaru. Mesin ini diyakini akan menjadi mesin andalan pabrikan berlogo garpu tala ini di masa mendatang. Yang pasti dengan tiga silinder, efisiensi pada proses produksi bisa didapat.

Hal ini sama seperti tren pada industi mobil, dimana pabrikan berlomba menciptakan mesin berkapasitas mesin kecil dengan jumlah silinder yang dipangkas. Dari empat jadi tiga silinder. Tapi soal performa juga dikejar agar setara dengan mesin 4 silinder.

Soal performa, Yamaha juga sudah punya triknya. Teknologi crossplane crankshaft yang diaplikasi pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP dan motor jalanan YZF-R1 akan digunakan juga. Crossplane crankshaft adalah konstruksi kruk as yang mengatur tata letak bergeraknya masing-masing piston dengan jeda tiap 90 derajat. Sedang mesin konvensional adalah pada 180 derajat tiap dua piston.


Yamaha mengklaim dengan sistem crossplane pada crankshaft atau kruk as, mampu mengurangi torsi inersia. Efeknya, dengan mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar dan merata. Tapi kelemahannya adalah soal getaran, maka Yamaha juga menambahkan sebuah balancer di crankshaft . 

Pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP, balancer ini terletak diantara crankshaft  dan transmisi, selain mengurangi getaran juga berfungsi untuk membantu membalikkan rotasi atau pergerakan crankshaft.

Tapi pada Yamaha YZR-M1 di MotoGP dan motor jalanan YZF-R1 yang digunakan adalah mesin 4 silinder. Sedang mesin baru Yamaha ini tiga silinder, tidak ada banyak data yang dipaparkan. Apakah crossplane crankshaft-nya akan diatur tiap 120 derajat sesuai dengan jumlah silindernya yang hanya 3, atau memiliki desain mesin yang berbeda.

Jika naik turunnya piston diatur tiap 120 derajat maka akan sama seperti yang dipakai oleh mesin Triumph dan MV Agusta yang sudah lebih dulu. Kita tunggu saja, yang pasti mesin ini akan menjadi senjata buat moge-moge baru Yamaha di masa mendatang! (motorplus-online.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa