Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Idling Stop System, Sangat Mungkin Diaplikasi Pada Vario Techno 125

Dimas Pradopo - Jumat, 27 Juli 2012 | 15:38 WIB
Idling Stop System, Sangat Mungkin Diaplikasi Pada Vario Techno 125
Honda
Idling Stop System, Sangat Mungkin Diaplikasi Pada Vario Techno 125

Honda Click 125i atau kembaran Vario Techno 125 PGM-FI sudah dilengkapi dengan fitur idling stop system (ISS). Eh, kabarnya fitur yang sama juga akan dijejalkan pada Vario Techno 125 PGM-FI versi Indonesia. Bener nih?

Dengan ISS, mesin bisa otomatis mati dalam keadaan langsam, tapi bisa nyala kembali hanya dengan memutar selongsong gas. Fitur ini berguna untuk menghemat bahan bakar seperti ketika berhenti di lampu merah. Enggak perlu repot putar kunci kontak atau pencet tombol starter!

"Fitur yang sangat mungkin untuk diaplikasikan pada Vario Techno 125," ungkap salah seorang narasumber PT Astra Honda Motor (AHM). "Tinggal menambahkan beberapa hardware dan mengganti ECM (electronic control module)," beber pria ramah yang enggan disebutkan namanya.

Hardware yang dimaksud adalah sensor di bawah jok yang membaca adanya pengendara di atas motor. Ketika motor langsam tanpa pengendara maka mesin tidak akan mati bila dibiarkan lama. Komponen lain yang harus ditambahkan adalah saklar di setang untuk mengaktifkan fitur ISS ini dan indikator di panel speedometer. Selain itu yang harus diubah adalah ECM dengan module baru mendukung kerja ISS.

Sedang komponen wajib lainnya seperti ACG starter sudah ada. ACG adalah perangkat starter yang sekaligus menjadi altenator ini sudah diadopsi juga pada Honda PCX 150. Dengan teknologi ini mesin bisa dengan lebih mudah menyala tanpa meninggalkan getaran atau suara berisik.

Selain itu pada Vario Techno 125 juga sudah mengadopsi dekompresi serta swing back di kruk as-nya. Dekompresi berfungsi untuk mengurangi saat awal melakukan starter agar proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan. Sedang swing back adalah posisi kruk as yang berputar ke arah berlawanan sebelum starter diaktifkan. Gunanya untuk memberikan kesempatan pada piston mengambil ancang-ancang, agar lebih mudah dihidupkan dengan daya lebih kecil. 

 
"Paling bedanya enggak sampai Rp 1 juta bila dibandingkan dengan versi non ISS," ungkap sang narasumber. Ya sudah, tinggal nunggu launching-nya! "Nanti ya, sabar dulu," katanya sembari menutup pembicaraan.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa