Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha India Ekspor YZF-R15 ke Pasar Jepang

Dimas Pradopo - Jumat, 27 Juli 2012 | 10:15 WIB
No caption
No credit
No caption


Untuk  pertama kalinya, India Yamaha Motor akan mengekspor motor hasil buatannya ke Jepang. Langkah ini menjadi hal baru bagi Yamaha setelah 27 tahun mendirikan pabrik perakitan di India. Rencananya model awal yang akan dikirim adalah Yamaha YZF-R15.

"Sepeda motor di India telah memenuhi spesifikasi canggih untuk pasar negara-negara maju dan memiliki keunggulan dapat diproduksi dengan biaya rendah. Kami mengirimkan Yamaha YZF-R15 untuk melakukan tes pasar. Dan jika respon mereka baik, maka kita dapat mengeksplorasi lebih banyak produk untuk diekspor ke Jepang dan pasar canggih lainnya," buka Hiroyaki Suzuki MD, India Yamaha Motor.

Motor sport berfairing ini sempat ramai digosipkan bakal dijual masal di Indonesia. Tapi nyatanya hingga saat ini tidak pernah terwujud. Motor ini memiliki beberapa kesamaan dengan Yamaha V-Ixion yang dipasarkan di tanah air, khususnya pada sektor mesin.

Jantungnya berspesifikasi satu silinder SOHC empat klep. Mesin ini memiliki kapasitas ruang bakar bersih 149,8 cc dan fuel injection dengan tenaga puncak 17 PS di 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 7.500 rpm. Yang menarik adalah desain bodinya yang sporty dengan fairing yang tampak meruncing dan kaki-kaki gambot berpelek lebar dan swing arm alumunium.

Gayanya yang sporty diyakini cocok dengan pasar Jepang yang didominasi motor-motor sport. "Jepang merupakan pasar sepeda motor besar dan sepeda motor balap. Kami mencoba masuk ke kelas 150 cc dan rasanya cocok dengan YZF-R15. Tidak hanya mudah digunakan untuk balap tapi juga menjadi pilihan entry level racing," yakin Suzuki.

Di Jepang motor ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 342 ribu Yen atau sekitar Rp 41 jutaan. Padahal di India hanya dilepas dengan harga 1.15 Lakh Rupee atau sekitar Rp 19,9 jutaan.

Selain Jepang, Yamaha di India juga telah menyasar pasar ekspor yang lain seperti negara-negara di Eropa. "Jika respon baik, target berikutnya kita akan Eropa. Kami telah mulai menjajaki pasar Turki, Spanyol, dan Portugal untuk mengekspor YZF-R15 dan FZ pada tahun 2013," jelasnya seperti dilansir Economic Times, India.

Enggak sekalian di ekspor ke Indonesia nih? (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa