Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha YS 250 Fazer BlueFlex, Bisa Minum Ethanol Cuy

Dimas Pradopo - Jumat, 20 Juli 2012 | 12:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Berbeda dengan Indonesia yang masih mengandalkan bahan bakar minyak (bbm) dari sumber minyak bumi, di Brazil bbm yang diandalkan bersumber dari tanaman yang disebut ethanol. Dan untuk dapat mengaplikasi bbm ethanol, Yamaha Brazil merilis YS250 Fazer BlueFlex.

Keunggulan YS250 Fazer BlueFlex bisa menenggak tiga jenis bbm berbeda. Diantaranya bensin (minyak bumi), ethanol (nabati) dan mixture yang merupakan campuran bensin dan ethanol.

Yamah mengakui jika  model YS250 Fazer BlueFlex memiliki berat 339,5 pounds, 2,2 pounds atau 1 kilogram lebih berat ketimbang versi mesin bensin YS250 Fazer yang mendebut sejak 2010 silam. Dan mesin keduanya masih sama, yakni 249 cc silinder tunggal dengan transmisi 5-speed.

Oiya, motor tipe stretfighter tersebut merupakan produk pertama Yamaha yang dapat mengonsumsi tiga tipe bbm. Namun menurut Yamaha, sistem BlueFlex merupakan salah satu rencana untuk diproduksi pada banyak varian di masa depan.


Di pasar Negeri Samba tersebut, YS250 Fazer BlueFlex dilepas 11.690 Real Brazil atau sekitar Rp 54 jutaan. Lebih mahal ketimbang versi konvensionalnya yang hanya 11.279 real atau Rp 52 jutaan.

Sebagai catatan, Brazil merupakan penghasil ethanol kedua di dunia dan pengonsumsi  biofuel-based economy. Sekitar 90 persen mobil baru di Brazil bisa memakai ethanol, tapi bagi sepeda motor teknologi tersebut terbilang baru. Dan motor flex fuel pertama yang hadir adalah Honda CG150 Titan Mix di tahun 2009. (motorplus-online.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa