Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bocoran Upgrade Mesin New Jupiter Z Injeksi, Banyak Yang Baru!

Dimas Pradopo - Sabtu, 7 Juli 2012 | 07:10 WIB
Yamaha Jupiter Z
Dok. OTOMOTIF
Yamaha Jupiter Z
Otomotifnet.com - Pada tulisan bocoran kali ini ada dua info menyenangkan! Yang pertama adalah update foto spy shoot kiriman pembaca.
 
Kalau sebelumnya hanya dikirimkan ke meja redaksi dalam bentuk potongan, eh ternyata ada yang nampak penuh.

Kenapa enggak dari kemarin dikirim penuh aja ya? Tapi gak papa, kami tetap berterima kasih karena dari foto ini juga makin terkuak wujud New Jupiter Z injeksi. Pengakuan sang fotografer, gambar ini diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Sentul, Bogor.

Pengetesan di sirkuit terbesar di Indonesia mungkin ada hubungannya dengan bocoran yang kedua. Yaitu, upaya Yamaha meningkatkan performa bebek 115 cc-nya ini. Beberapa update teknologi diterapkan, tentunya agar lebih kencang lagi.

Terlebih, motor yang konon akan menggunakan nama New Jupiter Z1 ini bakal menjadi andalan Yamaha di balap musim 2013. Baik di Motoprix, Indoprix maupun Asia Road Racing Championship (ARRC) menggantikan Jupiter Z sekarang.

Yamaha Jupiter Z
Dok. OTOMOTIF
"Tentu saja upgrade bukan sekedar jadi kencang, tapi memudahkan untuk dikorek agar lebih kencang lagi. Sesuai DNA Jupiter Z yang mendominasi ajang balap nasional hingga tingkat Asia ini," beber narasumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lebih jauh pria yang enggan disebutkan namanya ini merinci beberapa perubahan seperti aplikasi piston jenis forged agar kuat terhadap kompresi tinggi. Silindernya menggunakan tipe semi-DiASil, mungkin jenis blok silinder ini akan memudahkan oversize. Cocok untuk yang gemar main bore-up nih! Kruk as pun konon ikut diubah.

Isi kepala silinder juga diyakini jauh berbeda. Paling menonjol adalah diaplikasikannya roller rocker arm. Gesekan makin minim, efisiensi energi saat mesin bekerja pun makin tinggi. Tentu saja output-nya ada pada tenaga yang makin maksimal.

Yamaha Jupiter Z
Dok. OTOMOTIF
Yamaha Jupiter Z
Satu update lagi tentang teknologi injeksi bahan bakarnya sudah tipe close loop. Yamaha menambahkan O2 sensor di knalpotnya. Suplai bahan bakar akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin tapi emisi jadi rendah.

Oiya, undangan launching sudah masuk ke meja redaksi. Peluncurannya akan dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor pada tanggal 10 Juli 2012 minggu depan. Tinggal tunggu kepastian harganya nih! (motorplus-online.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa