Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengembangan Injeksi Mio J Lebih Lama Dari YZR-M1, Ini Alasannya

billy - Senin, 27 Februari 2012 | 11:40 WIB
No caption
No credit
No caption


Beberapa waktu yang lalu Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan adanya proses adopsi teknologi injeksi di motor balap MotoGP YZR-M1 ke injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) pada Yamaha Mio J.

Bahkan dalam perjalannya, proses pengembangan injeksi YMJET-FI jauh lebih lama dan sulit ketimbang mengembangkan injeksi YZR-M1 tunggangan Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Pengembangan injeksi YMJET-FI butuh waktu sampai dua tahunan. Sementara Yamaha YZR-M1 kurang dari satu tahun. Apa penyebabnya?

"Yang pasti lebih banyak faktor. Durability sampai pemeliharaan juga sangat diperhatikan," buka GM Marketing dan Promosi YIMM, Eko Prabowo.

Berbeda dengan motor balap di MotoGP. Penggunaan komponen di balap relatif lebih singkat, hanya selama balap saja. Tapi pada motor produksi masal dipakai tiap hari sampai bertahun-tahun, reliability-nya harus benar-benar baik.

"Teknologi tersebut juga harus simpel setelah ada di masyarakat," lanjutnya. Maksudnya tidak menyulitkan saat dilakukan penggunaan sehari-hari hingga perawatan berkalanya. 

"Berbeda sekali dengan di MotoGP. Memang banyak orang ahli di sana dalam perawatannnya," jelas Eko. Bukan rahasia lagi bila setiap motor di MotoGP selalu dikawal tim mekanik terbaik.

Dan yang tak kalah penting adalah menciptakan teknologi injeksi tadi menjadi layak produksi masal, khususnya berkaitan dengan biaya. "Bagaimana dikembangkan dengan harga yang terjangkau," tutur pria ramah ini.

Belum lagi keharusan untuk meramu performa dan konsumsi bahan bakar terbaik sesuai dengan karateristik pengendara di Indonesia. Kabarnya YMJET-FI ini sangat efektif di economic zone, yaitu di kecepatan 20 sampai 55 km/jam. (motorplus-onlinel.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa