Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Bangun Mikrohidro Untuk Masyarakat Gunung Halimun

billy - Minggu, 26 Februari 2012 | 01:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) makin beragam. Di tahun 2012 ini, AHM berinisiatif untuk membangun pembangkit listrik Tenaga MikroHidro (PLTMH) berkapsitas 6400 watt untuk masyarakat adat Banten Kidul, Kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Sukamulya, Sukabumi, Jawa barat.

Pembangunan PLMTH merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial AHM dibidang pemberdayaan masyarakat. Kurang lebih 63 rumah Desa Sukamulya, Sukabumi bisa menikmati aliran listrik yang dibangun AHM bekerjasama dengan Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).

“Ini merupakan pertamakali AHM membangun Mikrohidro dalam kegiatan CSR. Dan masyarakat lokal khususnya di Desa Sukamulaya bisa menggunakan langsung aliran listriknya”, tutur I Putu Astawa U sebegai General Affair Division Head PT AHM.


PLTMH ini bekerja dengan memanfaatkan aliran sungai Cibrengkok, dengan membangun saluran air 420 meter dan pipa pesat sepanjang 87 meter yang bermuara pada sebuah rumah turbin. Lalu di lokasi aliran pipa ditempatkan sebuah generator yang nantinya akan menghasilkan listrik dan akan disalurkan ke rumah-rumah penduduk sekitar.

“Perusahaan berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik agar dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan kesejahteraan  ekonomi penduduk," ungkap Kristianto Head Of Corporate Communication PT AHM.

"Jika selama ini mereka terhambat oleh pasokan listrik, dengan beroperasinya PLTMH ini masalah keterbatasan pasokan listrik dapat teratasi,” tutupnya. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa