Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Etape Pertama Jogjakarta-Purwokerto Menjawab Performa Mio J

billy - Jumat, 24 Februari 2012 | 17:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Setelah mengawali perjalanan turing Yamaha Mio J di Kedaung Yogjakarta dengan cuaca yang cerah, para peserta turing Yamaha Mio J Yogjakarta - Bandung akhirnya menyelesaikan etape pertama. Semua rombongan finish di kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Rasa lelah tidak menghalangi semangat para peserta meski harus menempuh jarak mencapai 200 km lebih. Selain rute yang didominasi lintasan lurus, cuaca panas dan hujan pun harus harus dihadapi oleh para peserta.

Sudah tidak sabar untuk mendapatkan laporan kesan pertama bersama Yamaha Mio J? Ayo lanjut! Etape pertama ini melintasi jalur yang kebanyakan lurus, yang berarti saat yang tepat untuk mengetahui akselerasi dan top speed dari Mio J.

Sejak menyusuri kota Yogjakarta yang padat, akselarasi Mio J yang jauh lebih responsif dan lembut dibandingkan Mio Sporty sudah mulai terasa. Stop and go mulai dari nol sampai 40 km/jam rasanya tidak ada kendala yang berarti, Mio J sanggup memenuhi keinginan rider untuk berakselarasi cepat di tengah jalanan padat.

Ketika sudah mulai keluar dari kota Yogjakarta, dimana jalanan mulai lenggang, barulah kecepatan menengah ke atas bisa dirasakan. Respon kecepatan diatas 60 km/jam tergolong lembut. Harus sedikit bersabar untuk mencapai 100 km/jam.

Distribusi tenaga yang lembut dari putaran tengah ke atas ini mungkin dipengaruhi oleh settingan CVT barunya yang lebih memanjakan respon di putaran bawah. Akibatnya, tarikan Mio J terasa sangat responsif meski ternyata harus sedikit mengorbankan putaran atasnya.

Namun, bukan berarti Mio J tidak bisa meluncur kencang. Terbukti tidak kedodoran melibas trek lurus yang panjang sekalipun. Hasilnya, kecepatan 100 km/jam pun beberapa bisa dicapai.

Sampai akhirnya, setelah sempat beristirahat di Kebumen dan kemudian melanjutkan menuju Purwokerto dalam siraman hujan, Mio J masih dalam kenyamanan yang wajar dan tidak terlalu membuat badan pegal karena ergonomi riding-nya yang lebih tegak.

Setelah sampai di Purwokerto, rombongan akan bermalam di sini sambil mempersiapkan untuk kembali menjajal Mio J pada Etape kedua yang lebih jauh. Yaitu menempuh jarak sekitar 300 km lebih menuju kota Bandung.

Nah, rute Purwokerto - Bandung melalui jalur selatan ini memang terkenal menantang dengan tikungan dan tanjakannya. Karenanya, handling dari Mio J bakal benar-benar diuji. Seperti apa kelanjutannya? Pantau terus ya! (motorplus-online.com)



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa