Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Virus Jok Tipis Atau Berlubang

billy - Sabtu, 12 Februari 2011 | 07:59 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption
Jakarta - Penyuka aliran racing look, silakan lirik jok tipis seperti yang diaplikasi banyak skubek di Thailand. Atau juga bisa lirik model jok dengan beberapa lubang. Seperti yang dilakukan Defrifan Loudry di Yamaha Mio Soul miliknya.

Setelah aplikasi pelek 17 dengan profil ban tipis, skubek kelahiran 2008 miliknya makin terlihat keren dengan jok tipis. “Buat riding enggak ada masalah. Malah sudah sampai ke Kuningan-Cirebon segala,” aku pria yang tinggal di Kawasan Green Garden, Jakarta Barat ini.

Hal yang sama juga ditempuh oleh Abdul Majid bersama Honda BeAT miliknya. “Skubek gue makin sporty berkat jok tipis ini. Bokong juga enggak pegel, karena masih ada busa juga kok,” tegas pria akrab disapa Majid ini.

Hasani beda lagi, dia lebih percaya diri dengan jok bolongnya. Karena selain bisa dipakai harian, untuk contezt juga bisa. “Makin keren aja deh tampilan motor ini,” kata pemilik Mio 2008.

Mau ikuti virus yang mereka aplikasi? Enggak sulit kok. Karena beberapa ahli jok mau buka cara pembuatan. “Kalau jok tipis, tinggal permainan dari tebal-tipisnya busa dan fiber,” ungkap Abdul Rojak dari Black Hook, spesialis jok di Green Garden, No. 6, Kedoya Utara, Jakarta Barat.


Sisi samping fiber dipapas 1,5 cm (kiri). Permukaan fiber dibor dulu sebelum dipasang ring (kanan)
Fiber di sini, maksudnya plastik alias dudukan busa alas pantat. Fiber ini, kudu dipapas. Terutama bagian samping bawah itu, dipapas sekitar 1,5 cm.

Sisi lain yang dipapas, bagian atas plastik jok itu sendiri. Mio dan BeAT berbeda. “Di Mio, bagian atas tengah dan belakang. Karena bagian ini menonjol. Jadi ketika dipasang busa lagi, masih bisa rata,” aku pemuda asal Batang, Jawa Tengah ini.

Sedang BeAT atau vario, fiber bagian yang letaknya di atas bagasi tidak cuma dipapas. Tapi dibolongin. “Nantinya ditambal pelat stainless steel, biar rata,” sebut pria yang bisa dikontak di telepon (021) 992-32933. Model jok berlubang,  setelah fiber dipapas, nantinya juga dibor pakai alat khusus. Setelah itu, baru diberi ring yang dibuat dari fiberglass.

Johan Wahyudi juga siap kalau ada order atau pesanan membuat jok seperti ini. "Pokoknya enggak perlu waktu lama," jelas pria yang punya workshop di Jl. Serdang Raya, No. 25, Kemayoran, Jakarta Pusat. HP. 0818-176103.

Lanjut bicara soal harga! Kalau ingin beli berikut fiber sekaligus, banderolnya Rp 160 – 210 ribu. Tapi kalau tanpa fiber, cuma dipatok Rp 80 – 130 ribu. “Tergantung dari bahan kulit jok juga. Misal, pakai MB Tech,” tutup Rojak yang buka cabang di Jl. Raya Bogor, Cibubur ini. (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa