Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Kem Racing Honda CS1, Untuk Harian Hingga Bore-Up

billy - Senin, 24 Januari 2011 | 10:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Prinsip usaha dalam men­dongkrak performa da­pur pacu adalah mem­perbanyak asupan cam­puran gas ke ruang bakar. Tapi tentunya tidak asal banyak. Ada beberapa hal yang juga mesti diperhatikan untuk mengimbangi suplai gas yang dilebihkan tadi. Seperti kompresi pengapian dan sebagainya.

No caption
No credit
No caption
Nah, untuk memperbanyak pasokan gas ke ruang bakar tersebut, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Antara lain lewat karburator seperti naikin ukuran spuyer atau ganti karburator yang lebih gede, perbesar saluran masuk (porting polish) serta mem­perbesar durasi bukaan kem.

Cara yang disebut terakhir (perbesar durasi kem), bisa dengan membubut ulang profil kem atau beli jadi kem berdurasi tinggi. Toh belakangan di pasaran noken as yang diembel-embeli racing ini mulai banyak. Terutama buat bebek dan skutik. Lantas bagaimana dengan Honda CS1?

“Motor ini sebenarnya ku­rang begitu booming. Sehingga enggak begitu banyak part racing yang khusus dibuat untuknya. Biasanya orang-orang pada pake racing part-nya Honda Sonic 125 dari Thailand,” bilang Miekeel Tjahjanto, juragan MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, Hayam Wuruk, Jakbar.

Dulu, tutur Miekeel, sejak Sonic banyak disukai di Tanah Air (masuk lewat IU), ia banyak menyetok part-part racingnya, termasuk noken as. “Sekarang sudah mulai jarang. Ada cuma beberapa. Itu pun pakai lebel kami (MC Racing),” paparnya.

Ada 3 macam spek kem yang ditawarkan MC Racing buat Sonic 125 yang bisa diaplikasi ke CS1. Masing-masing punya profil yang berbeda. Dilabeli angka 1, 2 dan 3 (gbr.1). “Tinggi angkatan klepnya lain-lain. Untuk yang nomor 1, khusus buat piston kecil. Bisa untuk pemakaian harian. Sedang nomor 2 buat aplikasi bore-up piston CBR150. Sementara nomor 3 untuk bore-up pakai piston 70 mm,” terang Miekeel (gbr.2).

Untuk kem nomor 1, mengusung jarak pantat kem ke puncak sebesar 28,45/28,30 mm (in/ex). Sementara kem nomor 2 menganut 28,35/28,20 mm dan terakhir nomor 3 adalah 28,06/27,68 mm. Banderolnya sama, yakni Rp 750 ribu.

Pilihan lain yakni produk LHK yang juga dari negeri Gajah Putih, Thailand (gbr.3). Namun untuk label yang satu ini, beberapa pedagang menjualnya dengan harga ber­variasi. Misalnya WMC Racing di Jl. Taman Margasatwa No.18C, Cilandak, Jaksel menawarkan de­ngan harga sekitar Rp 1,25 juta.

Namun salah satu speed shop di Jl. Manyar 1 blok 02, Bintaro Sektor 1, Jaksel, yakni Hatara Racing melegonya hanya sekitar Rp 750 ribu.

Oh iya, menurut Miekeel, saat menggunakan kem-kem racing tersebut, disarankan untuk mengganti per klep dengan yang lebih keras. “Bisa pakai punya Sonic. Biar tidak terjadi floating saat di putaran tinggi yang bisa berisiko klep mentok piston,’ jelasnya.

MC Racing : 021-62202361
WMC Racing : 021-78831358
Hatara Racing : 081-7717000

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa