Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow, Body Parts Custom Yamaha Byson Sudah Tersedia!

billy - Senin, 3 Januari 2011 | 08:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tangki dengan serat karbon, makin macho
Jakarta - Tak sedikit yang menyebut tampilan Yamaha Byson sungguh bergaya. Memang, tunggangan bervolume mesin 150 cc itu memiliki tampilan kekar dari sononya. Terlihat dari tangki yang tampak besar, lantas didukung kaki-kaki yang relatif tampil lebih kekar dibandingkan rival sekelasnya.

Seperti penampung bensin ini terlihat seperti moge dengan kapasitas muat bahan bakar yang banyak. Tetapi, sebenarnya itu adalah berkat kondom tangki yang menyelubungi tangki BBM berkapasitas 12 liter di dalamnya. Jadi, seolah sudah mendapat jiwa customized dari pabriknya. Tangki saja sudah diberi kondom.

Nah, karena itulah, Sumantri dari Chips Motor di kawasan Pos Pengumben, Jakbar, terbersit ide untuk membuat beberapa peranti lain Byson ini. "Dari tangki ini, dibuat lagi bahan-bahan aksesori custom, seperti penutup dengan serat karbon," tuturnya.

No caption
No credit
No caption

Engine cover bergaya moge makin kekar
Tak saja tangki, bagian lain pun kena sasaran tembak. Seperti di depan, sepatbor asli boleh-boleh saja ditukar gayanya dengan penahan cipratan air dari Sumantri ini. "Desainnya dari moge, biar pas dengan tampang Byson," katanya.

Di belakang pun mendapat sentuhan baru. Memang tren undertail masih sama dengan motor-motor lain, namun untuk Byson dengan desain aslinya mirip menggunakan undertail, jadi bisa mempermanis tampilan, selain memang membuatnya tampil berbeda gaya.

"Lampu di tailgate ini ada dua pilihan, mau pakai LED, atau lampu biasa dari motor lainnya," jelas lelaki yang sempat jadi pembalap underbone itu.

Di kolong belakang juga bisa dipasangi hugger arm, lengan ayun seolah-olah dipeluk oleh jaket yang menutup bagian tersebut dengan sepatbor belakang kecil yang menyatu. Ini bisa berfungsi sebagai pelindung sokbreker belakang dari cipratan air, agar bisa lebih bersih kala melaju di lintasan becek.


Undertail dengan lampu berbeda-beda
"Bahannya mirip fiberglass, tetapi dibuat lebih lentur, sehingga mudah dalam proses pemasangan," tutur lelaki yang disapa Mantri itu. Tetapi, tak seluruh bagian dibuat lentur, ada juga yang sengaja dibuat lebih kaku.

Kondom tangki misalnya, sengaja dibuat lentur, karena untuk memasangnya perlu diperlebar dulu bagian bawahnya. "Cukup ditarik tangan saja, agar tangki asli tidak tergores," jelasnya. Tetapi untuk Byson, stripping dengan motif serat karbon bisa langsung dipasang, seperti stripping asli yang terbuat dari plastik.

Tetapi jika pemasangannya menggunakan baut, perlu dibuat keras agar terikat kencang. "Bagian yang lentur, umumnya direkatkan menggunaka double tape saja, seperti kondom tangki untuk beberapa motor," jelas pemasok beberapa gerai aksesori dengan produknya itu.

Siap dibikin gaya? (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa