Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sarung Jok Dingin, Bisa Hambat Panas 7 Derajat Celcius

Editor - Rabu, 8 September 2010 | 07:56 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Ada 3 panas yang dirasakan bikers saat berkendara. Pertama, udara panas sekitar yang dirasakan tubuh saat berkendara pada siang hari. Lalu, hawa panas yang dirasakan sekitar kaki akibat meningginya suhu mesin. Terakhir, rasa panas di bagian bokong karena kelamaan nyemplak di jok atau terjemur sinar matahari ketika diparkir terlalu lama.

Sirkulasi
“Khusus untuk panas yang ke-3 itu akibat dari tidak adanya sirkulasi udara pada bagian jok. Oleh karenanya bila kelamaan berkendara akan dirasakan panas,” ucap Albert Lo, dari Teknomaster International (TI), pedagang aksesori motor di Ciledug, Tangerang.

Sekedar info, OTOMOTIF pernah melakukan pengetesan terhadap panas yang diakibatkan karena terlalu lama berkendara dengan motor Suzuki Skydrive. Pengetesan dilakukan dengan alat Thermometer Gun merek Krisbow.

Cara pengetesan, suhu jok motor diukur sebelum dipakai atau diduduki saat berkendara. Setelah itu, motor dipakai jalan selama 30 menit dan kembali diukur suhu jok motor tersebut.

Dari pengetesan ter­sebut didapat suhu jok sebelum pengetesan 25,4˚C dan setelah diajak jalan-jalan, suhu bertambah menjadi 35,5˚C. Hasil pengetesan tersebut me­­nunjukkan, ada kenaikan suhu sekitar 10,1˚C se­telah tester berkendara se­lama 30 menit.

“Panas tersebut yang banyak dikeluhkan oleh pengendara atau boncenger. Soalnya naik motor kelamaan jadi tidak nyaman,” ungkap Danny Chow, biker yang tinggal di Pondok Labu, Jaksel.

Merasakan hal yang sama seperti Danny? Enggak usah khawatir, soalnya ada aksesori motor yang dapat mengurangi panas jok saat digunakan atau kelamaan terjemur sinar matahari. Yakni berupa sarung jok bertitel Bakoel Angin Jok Dingin atau mBacool (gbr.1).

No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Gbr 5

“Bahannya sintetis dengan model jaring dan lapisannya dibuat double. Menggunakan sarung jok ini, membuat ada sedikit ruang untuk sirkulasi udara saat berkendara dengan motor,” terang Albert Lo yang mematok harga Rp 90 ribu untuk aksesori buatannya itu (gbr.2).

Beneran tuh? Biar enggak penasaran , kita tes saja yuk! Alat dan metode pengetesannya sama dengan tes suhu jok setelah dipakai 30 menit sebelumnya di atas (gbr.3).

Dari pengetesan memakai pelapis jok mBacool ini didapat data 25,4˚C (jok sebelum diduduki/dipakai) dan 28,5˚C setelah pemakaian atau diduduki selama 30 menit. Artinya, ada pengurangan suhu sekitar 7˚C dari 35,5˚C ke 28,5˚C.

Buat yang ingin mencoba enggak usah takut sarung jok asli (standar) motor Anda dicopot (gbr.4). Prosesnya tinggal pasang atau lapisi di jok asli, lalu untuk pengikatnya cuma mengaitkan belt yang telah disediakan pada balik jok (gbr.5).

Sehingga cukup aman dari tangan-tangan jahil dan kelihatan rapi saat dipasang. Aksesori ini dapat dipakai untuk semua motor jenis bebek maupun skutik. Namun buat motor jenis sport harus ada penyesuaian lebih dulu.

Bokong ‘angus’, gak la yaw...

Kontak:
021-7311101/ 0815-6868510

Penulis/Foto: Nawita / Dok.Otomotif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa