Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alarm Anti Maling Berteknologi Immobilizer Khusus Sepeda Motor

Editor - Selasa, 29 Juni 2010 | 12:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kotak modul mudah disembunyikan

OTOMOTIFNET - Teknologi immobilizer kini ada versi pahenya, buatan Dysha Motorsport (DM) yang diklaim sama ampuhnya membungkam tangan jail saat di parkiran. Peranti ini bertugas membuat motor lumpuh sehingga tak bisa dihidupkan atau dijalankan.

Sementara alarm berfungsi memberi peringatan atau alert system bila motor ketahuan mendapat perlakuan tidak sesuai prosedur seperti dihidupkan secara paksa (tak melalui anak kunci kontak).

Sensor Sentuh
Dua sistem pengaman menyeluruh ini karya Hendry Martin. “Bisa dipasang buat semua motor yang pakai aki,” tegas Hendry Martin, juragan DM.

Pemilik motor selama ini cuma punya satu pilihan sistem alarm yang dijual Rp 200-300 ribu. Tapi belum dilengkapi sistem immobilizer. “Fungsinya sama, sebagai sistem antimaling dan antirampok tetapi sekalian berfungsi sebagai alarm,” tegasnya.

Modul sederhana sebesar kotak rokok ini mudah dipasang dan hemat tempat, jadi mudah disembunyikan. Selain itu, Hendry menjamin alatnya ini tak menyedot setrum  sehingga aki tak bakal tekor. Sistem kerjanya mengandalkan sensor sentuh.


Sentuh sensor untuk starter

Delapan buah kabel yang keluar dari kotak modul tinggal disambung ke beberapa kabel bawaan motor. Cara kerjanya pun sederhana. Dua buah kabel warna hitam dan biru berujung ke sensor sentuh dan ground (negatif) yang dijadikan sebagai pengaktif immobilizer.

Jadi, bila media yang disambung ke kabel sensor sentuh dan ground (negatif) tidak tersentuh (kulit) tangan, motor tidak bisa start. Sebaliknya, bila dalam kondisi mesin hidup, media sensor sentuh tadi disentuh sekali lagi dengan ujung jari, mesin akan mati dalam hitungan detik.

“Bila sewaktu-waktu motor dirampas, tinggal sentuh sensornya sebelum me­relakan motor karena setelah beberapa belas meter motor akan lumpuh,” jelas Martin. Modul immobilizer seharga Rp 200 ribu ini digaransi 1 tahun.

Dysha Motorsport: 021-71006099

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa