Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Frame Slider dan Stabilizer Setang Ninja 250, Solusi Sekaligus Antisipasi

Editor - Kamis, 24 Juni 2010 | 14:19 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Beberapa aksesori pendukung yang masuk kategori most wanted pemilik Kawasaki Ninja 250: steering damper atau stabilizer setang (SS) dan frame slider (FS).

"FS buat meminimalkan terjadinya benturan pada fairing saat jatuh, sehingga terhindar dari pecah. Sedang stabilizer setang berguna agar kendaraan stabil pada kecepatan tinggi, atau saat melewati jalan tak rata," tutur Joddy Ario dari JDM Project.

Stabilizer Setang (SS)
Sangat bervariasi, baik dari sisi harga, bentuk dan merek. Ada yang menyerupai tabung, dan ada juga yang kotak seperti merek GPR dari Amerika. Label lain ada KTC dan Hyperpro. Ada pula copotan dari motor gede (moge) (gbr.1).

 
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
 
Gbr 3

Mengaplikasikannya tak sulit, bisa dikerjakan sendiri. Contoh untuk SS model tabung. Urutannya lepas dulu tangki bensin, untuk memudahkan pemasangan dudukan tengah SS, yang dibaut L5 pada rangka. Lalu, baut pengikat setang diganti yang lebih panjang. Agar penahan stabilizer bisa terpasang (gbr.2).

"Selain produk aftermarket, ada juga SS copotan dari moge. Tapi, harus bikin pegangan baru, karena cuma ada tabungnya aja," ujar Ariawan Widjaya dari gerai Baru Motor Sport di Palmerah, Jakbar yang menjual part-part limbah.

Frame Slider (FS)
Solusi tepat untuk melindungi fairing lecet atau pecah saat terjatuh (gbr.3). Umumnya bahannya dari teflon, sehingga tidak menimbulkan percikan api saat terjatuh. Ada pula yang dikombinasi bahan logam.

Untuk knalpot prinsip dan bahannya juga sama. Untuk melindungi dari benturan. "Bedanya FS buat knalpot lebih panjang dari fairing," tambah Angga dari gerai Anjany Racing di Jl. Arteri Kelapa Dua, Jakbar.

Aplikasinya? Gampang! Sama seperti pasang stabilizer. Hanya saja posisinya beda. Untuk fairing pasangnya di tengah atau di celah bodi. Sebelumnya mesti menyatukan FS dulu. Dilanjutkan melepas semua baju ‘Ninin' (Ninja). Terus pasang FS, dudukannya dibaut pada sasis.

Sedang aplikasi FS knalpot, lebih mudah. Hanya melepas baut pegangan knalpot asli, lalu pasang FS, posisinya ada di atasnya. Jangan lupa semua baut dikencangkan ya!

Penulis/Foto: Oct / Reza

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa