Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilah Pilih Boks Rp 1 Jutaan

Editor - Senin, 12 April 2010 | 14:53 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Repot membawa barang saat naik motor? Enggak usah bingung, soalnya bisa pasang boks. Di pasaran aksesori motor, banyak merek boks yang bisa dipilih. Di antaranya ada Givi, Kappa dan Shad. Dari ketiga merek ini saja, terdiri atas banyak tipe.

"Dari yang hanya ratusan ribu sampai jutaan rupiah bisa dicari dalam katalog ke-3 produk tersebut," kata Kris Tugiono, dari toko aksesori Standar Motor di kawasan Jagakarsa, Jaksel.

Banyak pilihan, tentu bakalan bikin pusing kepala hendak tebus yang mana. Malahan bisa jadi ujung-ujungnya enggak jadi beli atau malah beli namun speknya tidak sesuai kebutuhan.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, coba tengok perbandingan ke-3 produk tersebut. Supaya memilihnya tetap tidak bikin puyeng, maka komparasinya dibatasi yang harganya Rp 1 jutaan. Monggo (silakan,red) dipilih

No caption
No credit
No caption

KAPPA K35
Boks motor merek Kappa sudah hadir di Indonesia sekitar lima tahun silam, pemasaran produk impor asal Italia tersebut sudah banyak yang memakainya. Buat harga Rp 1 jutaan, ada tipe K35.

"Kelebihan lain dari boks Kappa, bahannya sangat kuat bahkan bila diinjak atau jatuh dari motor. Itu sudah pernah dites oleh konsumen," jelas Dodo Zulianto, pemilik Dodo Racing salah satu supplier boks Kappa di Jl. Ciledug Raya, Tangerang.

Untuk penempatan helm? Jelas, helm akan lebih aman bila disimpan dalam box motor, dibandingkan hanya digantungkan di setang kemudi, saat sedang parkir. Selain itu, akan terhindar dari panas matahari, air hujan dan tangan jail alias maling.

Dimensi box dengan panjang 520 mm, lebar 425 mm dan tinggi 425 mm dan berkapasitas muatan mencapai 35 liter mampu menampung sebuah helm full face, kain lap kulit atau chamois, baju, sepasang sepatu serta barang lainnya dengan maksimal barang sebanyak 3 kg.

Bentuk luar dari box yang harga eceran tertingginya Rp 700 ribu ini tidak dilengkapi lampu atau penerangan di bagian belakang. "Hanya terpasang mata kucing untuk mengetahui keberadaan sang pengendara," tambahnya.

Walaupun produk ini harganya cukup tinggi, tapi diimbangin dengan kualitasnya, baik bahan maupun modelnya. Produk Kappa, bisa digunakan hingga lebih dari lima tahun, tanpa ada kerusakan berarti.

Dodo Racing: 021-73456555

No caption
No credit
No caption

SHAD SH-37 & 40
Masih awam dengan boks berlabel Shad? Wajar, sebab nama besar produk asal Spanyol ini gak setenar kompetitor lain asal Italia. Namun bukan berarti Shad gak punya pesona tersendiri!

"Di injak sama dua orang sekaligus, gak masalah sebab bahan plastik Shad cukup elastis namun juga rigid," jelas Juffry Willar dari Mitra2000, distributor resmi Shad di Indonesia.

Nah, untuk boks dengan kisaran harga Rp 1 jutaan, Shad punya seri SH-37 dan SH-40. Untuk seri SH-37 memiliki volume sebesar 37 liter. Itu didapat dari dimensi tinggi 31 cm, panjang 40 cm dan lebar 49 cm.

Dengan volume sebesar itu, ilustrasi boks yang hanya tersedia dengan warna hitam ini, dapat mengangkut satu buah helm full face, jas hujan, toolkit dan ban dalam cadangan secara bersamaan. Bagaimana dengan SH-40? Lebih besar sedikit yakni memiliki daya tampung 40 liter.

Dimensi SH-40 yakni tinggi 29 cm, panjang 42,5 cm dan lebar 49 cm. Dengan begitu, ilustrasi SH-40 sanggup mengangkut satu buah helm full face, jas hujan, toolkit, ban dalam cadangan, dan baju dan celana salin sekaligus.

Selain itu, seri SH-37 dan 40 Shad ini bisa dijadikan koper. "Tinggal lepas Shad dari dudukan di motor, keluarkan tuas handle, maka boks berubah jadi koper jinjing," jelas Juffry. Mau tahu harganya? SH-37 dan SH-40 di banderol Rp 1 juta pas!

Mitra2000: 021-6930777

GIVI E350
Berbicara soal boks, di antara biker banyak yang merekomendasikan merek Givi. Menurut mereka, desain, kualitas dan aftersales service produk asal Italia ini yang dijadikan bahan pertimbangan buat menentukan pilihan.

Untuk harga Rp 1 jutaan, ada Givi yang tipenya E350. "Tersedia dalam beberapa warna, ada hitam, silver, putih, merah dan biru. Saat ini lagi promosi, makanya buat boks yang berwarna harga jualnya Rp 1 juta. Sedangkan buat warna hitam dikasih banderol Rp 800 ribu," ucap Herman Canopy, Supervisor Motoritz, showroom utama Givi di Jl. Mahakam, Jaksel.

Spesifikasi dari E350 yang panjangnya 48 X lebar 41,5 cm dan tinggi 30,5 cm adalah berkemampuan tampung 35 liter. Daya tampung sebesar ini, bisa untuk membawa helm full dan half face sekaligus. "Plus jas hujan dan toolkits," ujar pria yang akrab disapa Nopy ini.

Soal bahan, meski berbeda warna E350 mengandalkan bahan plastik PP (propylene). Keunggulan bahan ini, kuat, tahan cuaca, elastis dan enggak bikin warna berubah. Selain itu, model anak kunci E350 enggak bisa digandakan.

"Jadi kalau sampai semua anak kuncinya hilang, mau tidak mau mesti ganti part tersebut. Tapi jangan khawatir, kalau hal tersebut terjadi tinggal datang ke showroom buat beli anak kunci yang baru," terang Nopy.

Meski harganya Rp 1jutaan, namun E3250 sudah dilengkapi stoplamp tambahan, lo

Motoritz: 021-7208888


Penulis/Foto: Teguh, Atenx, Oct / Atenx, Teguh, Octa

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa