Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Berlatih Naik Motor Untuk Para Pemula

billy - Senin, 19 Desember 2011 | 10:49 WIB
No caption
No credit
No caption


Jumlah pengendara pemula terus bertambah seiring pertumbuhan motor yang terus melambung. Sebagian dari pengendara pemula ini, belajar secara otodidak alias sendiri dan coba-coba di lokasi yang lapang sebelum membiasakan diri berkendara di jalur sebenarnya.

Honda sebagai produsen motor terbesar punya tanggung jawab untuk memberikan pemahaman berkendara, terlebih bagi pengendara motor pemula. “Di semua dealer kami, bagi pengendara awal bisa mendapatkan pelatihan langsung dari instruktur berpengalaman Honda. Bagaimana cara berkendara benar bagi pemula,” ungkap Made Surya, Instruktur Safety Riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Namun memang tidak semuanya mendapatkan pelatihan ini. Lewat instruktur safety riding Honda ini mari kita minta pedoman dan prosedur menjalankan motor. Kali ini dari sisi pengoperasian persneling.

“Dalam kondisi mesin hidup, tarik tuas kopling dan posisikan perseneleng pada gigi 1. Saat grip gas diputar ke arah pengendara secara perlahan, lepas juga dengan perlahan tuas kopling,” kata Made Surya.

Saat putaran mesin mencapai 2.000 - 3.000 rpm, dengan cepat kembalikan posisi grip gas, tarik tuas kopling, masukkan perseneling ke posisi gigi 2 kemudian lepaskan tuas kopling. “Ulangi prosedur yang sama untuk selanjutnya sampai posisi gigi lebih tinggi,” papar instruktur tinggi itu.

Lantas, prosedur menghentikan laju motor. Diawali melepas gas dan secara perlahan lakukan proses pengereman. Rem depan dan belakang secara bersamaan. ”Tarik tuas kopling dengan cepat tepat sesaat sebelum roda berhenti berputar. Setelah motor berhenti dengan sempurna, posisikan pada gigi netral,” wanti Made Surya

Dalam menghentikan laju motor, sebaiknya tidak menggunakan cara melalui engine brake, yakni mengurangi kecepatan dengan menurunkan posisi perneling. “Cara ini memaksakan motor di putaran mesin tinggi, juga pembiasaan diri. Posisikan seperti berkendara matik,” sebut Made.

Untuk membiasakan diri, berlatihlah menjalankan motor dan menghentikannya pada pembatas yang sudah disiapkan. Yakni, pada jarak 30 - 50 cm dengan kondisi kaki kiri stand by di tanah. Lakukan berulang sampai benar-benar dapat menghentikan motor tepat pada pembatas yang ditentukan.

Lakukan terus latihan ini secara berulang sampai benar-benar dapat melakukan prosedur memindahkan posisi perseneling dengan lembut. Juga bisa sampai berhenti tepat atau menghentikan motor dengan cara stabil. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa