Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maksimalkan Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor

billy - Senin, 21 November 2011 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Manfaatkan parking brake agar tak bermasalah
Makin ke sini,
pabrikan kuda besi seperti PT Astra Honda Motor (AHM) tidak saja memanjakan konsumennya dengan produk sarat teknologi. Namun juga dengan berbagai fitur-fitur keselamatan yang telah didesain untuk lebih membuat aman berkendara.

“Fitur itu harus dimanfaatkan secara maksimal penggunaannya. Sehingga akan membuat berkendara semakin aman,” kata Made Surya, Instruktur Safety Riding PT AHM.

Combi brake misalnya. Meski lebih memfokuskan pengereman di sektor buritan alias rem belakang, namun ada nama part yang disebut equalizer. Part ini yang menghubungkan antara rem depan dan belakang melalui kabel besi layaknya kabel gas atau kabel rem sepeda.

Letaknya, ada di handel rem belakang. Sehingga bisa juga mengfungsikan rem depan. “Fitur combi brake ini harus dimanfaatkan, agar pengereman jadi maksimal,” ungkap Made Surya.

Fitur lainnya parking brake. Seperti halnya hand brake atau rem tangan yang terdapat di mobil. Berguna mencegah skubek ngegelosor jika motor diparkir di tempat yang agak miring. “Dengan parking brake ini, tangan tidak pegal lagi untuk menekan tuas rem,” jelas Surya.

Termasuk rumah kunci untuk semua motor bebek dan skubek Honda standar. Sudah menggunakan key shutter. Dan menariknya juga ada fitur key code plate dengan suatu unique code number. “Sehingga sangat sulit untuk diduplikat,” bilang Surya.

Sayangnya, fitur safety dari maling ini masih banyak yang belum memanfaatkan. Rumah kunci dibiarkan saja terbuka, sehingga maling dengan mudah membawa kabur motor brother.

Standar safety lainnya yang sudah diaplikasi di skubek Honda yakni stand switch off. Kendaraan tak bakal bisa distarter kalau standar samping masih dalam posisi tegak. “Banyak kejadian motor-motor yang tidak memiliki fitur ini berjalan dalam kondisi standar samping yang masih berfungsi. Kalau kegesek aspal, si pengendara bisa kaget atau ketika berbelok kiri dan nyentuh aspal, motor akan berbalik ke kanan,” tambah pria tinggi ini.

Selain itu, pada tipe Spacy Helm In, konsumen bisa memanfaatkan bagasi dengan kapasitas besar untuk menyimpan barang. “Pabrikan mensurvei banyak pengendara bawa barang banyak dan itu gak safety, kalau diletakkan di setang. Konsep Helm In salah satunya untuk meminimalkan naruh barang tidak pada tempatnya,” ungkap Surya.

Kalau semua fitur yang diberikan ini dimanfaatkan maksimal, satu langkah pengamanan berkendara telah dilakukan.    (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa