Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Safety Riding Sebagai Lifestyle, Dimulai Dari Sekolah

billy - Kamis, 30 Juni 2011 | 06:38 WIB
No caption
No credit
No caption


Kasus kecelakaan lalu lintas bukan lagi merupakan fenomena baru yang dihadapi masyarakat. Banyak analissis menyimpulkan penyebab terjadinya kecelakaan didominasi kendaraan bermotor.

Kecelakaan lalu lintas yang didominasi kendaraan bermotor khususnya roda dua. Sepertinya sudah jadi hal biasa yang hingga kini tidak kunjung selesai bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab melatarbelakangi kecelakaan tidak tunggal, seperti tindakan pengendara yang ugal-ugalan, tidak mematuhi rambu lalu lintas, sikap pengendara asyik bertelepon ria atau SMS-an, kelalaian menggunakan helm, dan bahkan kondisi jalan yang tidak baik.

“Semua pihak melakukan analisis bagaimana mencari solusinya supaya kejadian itu berkurang atau bahkan tidak terulang kembali,” harap A. Yani, dari Direktorat Transportasi Darat Kementrian Perhubungan.

Salah satu yang mengemuka yakni sikap hidup. Honda sangat peduli dengan keselamatan berkendara. “Kami concern dengan keselamatan berkendara. Ini jadi fokus utama AHM,” kata Kristanto, Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM).

Menjadikan aman berkendara sebagai bagian dari gaya hidup atau lifestyle pengendara bukan perkara mudah. Honda telah melakukan beragam kegiatan terkait dengan hal ini. “Sampai saat ini kami terus melakukan usaha untuk terus mensosialisasikan safety riding ke beberapa sekolah di hampir seluruh provinsi,” tegas Kristanto yang sedang menyosialisasikan kurikulum ini di provinsi Lampung.

Materi pendidikan berkendara di sekolah ini ini bertujuan sebagai langkah awal pencegahan untuk meminimalkan tingkat kecelakaan di masa mendatang. Pemberian materi terkait keselamatan berkendara dapat disampaikan ke dalam ekstra kulikuler sekolah seperti Pramuka dan PKS.

Dengan adanya pencerdasan dalam hal keselamatan saat berkendara, maka siswa, pelajar akan bertindak lebih waspada dan tidak ugal–ugalan ketika berkendara. Hal itu akan jadi bagian hidup dan kebiasaan. Kelamaan, tingkat kecelakaan lalu lintas pun akan makin menurun seiring berkembangnya kesadaran pengendara akan pentingnya keselamatan. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa