Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkendara Defensive

billy - Minggu, 26 Juni 2011 | 08:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Siapapun tidak akan pernah ingin celaka. Sekecil apapun itu dampaknya. Kecelakaan bukan hanya menyisakan penderitaan si pengendara, tapi juga keluarga dan brother lain. Belum lagi biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kendaraan juga pengendaranya.

Dalam safety riding, ada bagian yang setiap kali berkendara, sang pengendara bersiaplah menghadapi segala kemungkinan terburuk. Termasuk kecelakaan. Dengan konsep ini, Anda akan jadi lebih berhati-hati dan akan berkendara secara defensive.

Selama berkendara, siapkan diri mengantisipasi kondisi membahayakan yang bisa terjadi dalam beberapa detik ke depan. Bisa saja pengendara bereaksi menghindari kejadian yang tidak diinginkan dalam banyak kasus, melakukan respon terhadap suatu situasi sebenarnya gampang namun butuh pengalaman dan training tepat untuk mengindentifikasi ancaman

“Sebelum masuk ke wilayah bahaya, perhatikan hal yang bisa membuat bahaya. Itu prinsip defensive. Dalam konsep ini pengendara diajarkan untuk merespon dengan cepat dan tepat” sebut Jusri Pulubuhu, trainer Keselamatan Berkendara dari Jakarta.

Seperti misalnya ketidakmampuan untuk melihat jelas sebuah obyek atau kondisi jalan yang menyulitkan. “Misalkan belokan atau tanjakan serta pandangan terhalang kendaraan besar,. Pengendara harus mampu berimajinasi ada obyek di balik tikungan sehingga waspada menurunkan kecepatan,” kata Toni Purnama, Koordinator Safety Riding dari PT Wahana Makmur Sejati, main-dealer Honda Jakarta-Tangerang.

Saat mengikuti kendaraan lain, jangan pernah berada terlalu dekat. Faktor ini masuk katagori sering menyebabkan kecelakaan motor. “Jarak antara kendaraan di depan harus memudahkan untuk bisa berhenti dengan pengereman normal dan tidak membuat sliding,” pesan Jusri lagi.

Jarak dan pengereman tentunya juga dipengaruhi kecepatan saat berkendara. Artinya, makin cepat berkendara, akan semakin cepat pula pengendara mendekati ancaman terhadap kecelakaan. Dengan begitu, imajinasi jarak dan kecepatan membantu pengendara untuk bersikap waspada.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa