Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lakukan Sendiri ABS Manual, Bisa Diandalkan di Kondisi Ekstrem

billy - Sabtu, 9 April 2011 | 08:37 WIB
No caption
No credit
No caption


Aplikasi
ABS alias antilock braking system bertujuan supaya rem tidak mengunci saat ditekan abis. ABS adalah pengoperasian rem dilakukan dengan cara mengocok. Teknik ini dilakukan secara otomatis oleh  Electronic Control Unit (ECU).

“Terutama ketika motor melaju kencang dan rem ditekan mendadak atau panic stop,” bilang Anggono Iriawan, manajer safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Jika brother ngerem mendadak pada roda depan, bisa dipastikan motor bakal langsung gedubrak atau jatuh. Sebab, roda belakang saat itu masih terus berputar karena ditarik mesin. Nah, dengan adanya rem pintar ini, secara otomatis, roda depan tidak terkunci.

Buat pemilik motor yang belum dilengkapi ABS, jurus itu bisa dilakukan secara manual. “Ikuti pola pengereman ABS. Dengan cara on-off. Tekan lepas,” kata Joel D. Mastana yang juga instruktur safety riding.

Tekni ABS manual ini banyak manfaatnya. Terutama ketika menghadapi jalanan yang tidak sempurna. Misalnya, berpasir atau saat ngerem mendadak. “Yakni, dengan menekan tuas rem dan melepasnya beberapa kali. Dilakukan untuk menghindari roda mengunci,” kata Joel yang beken di komunitas.

Menurut Joel, teknik yang juga dikenal dengan nama squeze and set up itu bermanfaat dan juga mudah dilakukan. “Kunci untuk mempelajarinya dengan berlatih. Namun juga perlu diimbangi dengan pengereman sempurna untuk roda depan-belakang,” mantap Joel. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa