Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Helm Cewek, Jangan Sebatas Model

billy - Rabu, 2 Maret 2011 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption

Selain corak, pertimbangkan juga soal safety
Berawal
dari safety, tidak sedikit foxy lady yang seakan mengesampingkan urusan safety ketika berkendara. Terutama, ketika dia bertindak sebagai pengendara. Bukan hanya jadi boncengers doang.

Salah satunya, soal pemakaian helm. Helm sepertinya hanya sebatas dipakai saja tanpa perdulikan apakah helm itu mampu berfungsi sempurna untuk melindungi kepala. Terutama jika terjadi kejadian tidak diinginkan. Misalnya, kecelakaan.

Hal itu bisa terlihat dari ukuran yang dipakai. Tidak sedikit helm yang ukurannya terlalu besar untuk ukuran kepalanya, tetapi tetap dipakai. “Memang, rasanya agak sulit bagi wanita dalam memilih helm.

Misalnya, karena tidak ingin rambutnya rusak karena pakai helm yang sempit,” bilang Agus Hermawan, pemilik Juragan Helm yang tokonya terletak di Jl. Panjang Raya, No. 16, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Karena rambut yang juga disebut sebagai mahkota dari wanita itu tidak ingin rusak, maka itu dia pilih helm yang ukurannya agak besar. Sehingga, setiap helai rambut pun tidak terlalu tertekan oleh padding atau busa helm. Padahal, jika bicara soal safety tentu bertentangan dengan kondisi itu.

“Sebaiknya, pakai helm yang pas atau fit dengan kepala sendiri,” saran Made Surya, instruktur safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

 
No caption
No credit
No caption

Usahakan ukuran pas di kepala
Maksudnya yang pas dengan kepala adalah tidak terlalu longgar, tetapi juga enggak terlalu sempit. Sehingga ketika terjadi kecelakaan atau benturan, helm tetap bisa berfungsi melindungi bagian kepala secara sempurna.

“Akan berbeda ketika helm itu terlalu longgar. Bisa saja efek yang ditimbulkan seakan seperti tidak pakai helm. Parahnya, helm itu akan menyebabkan efek lebih parah seperti melintir,” timpal Agus.

Begitu juga jika terlalu sempit. Tentu akan membuat tidak nyaman ketika dipakai. Potensi lain jika helm terlalu longgar, ketika dipakai di jalan bumpy atau melewati speedtrap juga akan mengganggu pengendara. Terutama, konsentrasi. Karena ketika helm longgar, tentu akan naik-turun.


Bahayanya hal ini juga akan pengaruhi konsentrasi berkendara. Terutama jika foxylady juga memakai kacamata. Pastinya akan menyebabkan pemandu pengelihatan itu naik-turun juga. Buat membenarkan posisi kacamata itu tentu juga butuh proses.

Nah, takutnya ketika membetulkan, membuat konsentrasi ke depan jadi berkurang. Masa sih sedikit-sedikit berhenti ke pinggir untuk membetulkan posisi kacamata. Kan enggak tuh!

Tetapi bicara soal ukuran, Agus sendiri mengakui. Bahwa tidak sedikit foxylady yang membeli ukuran sesuai kepala. “Selama ini yang terjual, mayoritas ukuran S atau M,” bilang pria yang juga punya jaringan usaha online itu.
 


KYT Yaris bisa untuk rambut bersanggul

Memang, dari produsen helm tidak membuat atau membedakan dari segi bentuk kalau helm ini atau itu khusus untuk wanita. “Tetapi tentu bisa dibedakan melalui corak atau warna yang ada di helm itu sendiri,” ungkap Hendri Tedjakusuma, Direktur PT Tara Kusuma Indah (TKI), produsen helm KYT, INK.

Oh ya! Bahkan belum lama ini, KYT juga coba mengeluarkan helm yang bisa dipakai buat wanita berjilbab atau yang memakai sanggul. Misalnya seperti KYT Yaris. Pelindung kepala ini mempunya bagian sedikit lebih panjang dibagian belakang.

Tujuannya agar sanggul juga bisa tetap dipakai ketika menggunakan helm. Jadi, tidak usah khawatir merusak tatanan rambut dan lupa soal safety. Karena faktor ukuran sudah dipertimbangkan melalui size yang beragam. jadi, tinggal sesuaikan aja. Safety? (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa