Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Perkiraan Dimensi Hatchback Datsun, Tak Beda Jauh dengan Nissan March?

billy - Senin, 1 Juli 2013 | 15:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hingga pertemuan ketiga media dengan Datsun tahun ini (19-20/6), masih tersisa banyak rahasia tentang sosok mobil baru mereka. Pada pertemuan di Yokohama, mereka hanya ingin menceritakan seputar product planning dan desain. Bahkan hingga akhirnya jurnalis dipersilakan melihat sebuah model hatchback mereka, profil lengkapnya masih ditutup rapat-rapat.

Tak pelak, Vincent Cobee, Corporate Vice President Datsun Business Unit yang amat lancar bicara, beberapa kali harus berhenti cukup lama untuk menentukan jawaban yang tepat atas ragam pertanyaan jurnalis. “Sulit untuk bicarakan ke media. Anda bukan konsumen, saya bukan sales dan tidak ada produk,” ucapnya dalam sesi Advanced Product Planning di kantor pusat Nissan di Yokohama.



Secara filosofis, Datsun yang berada di dalam grup Nissan ini menyasar segmen menengah dengan mengedepankan bodi ringan (light weight) dan daya tahan (durability). Ini dua hal yang diwariskan dari Datsun lama. Untuk pasar India, Indonesia dan Rusia masing-masing akan punya dua model. Sementara Afrika Selatan satu model.

Esoknya, Kamis (20/2), sebanyak 17 jurnalis dari Afrika Selatan, India, Indonesia dan Rusia diperlihatkan sebuah model hacthback lewat layar lebar di salah satu ruang Nissan Design Center. Koji Nagano, Design Director Nissan Motor Co.,Ltd. mengungkapkan desain mobil me­ngedepankan smooth silhoutte, strong shoulder line dan dynamic movement. “Ini global hatchback. Saya orang Jepang dan saya tidak bisa bilang ini desain Jepang,” ulasnya.

Sorenya di hari yang sama, diperlihatkan sosok asli mobil dalam skala penuh. Mencengangkan! Karena apa yang dipresentasikan sejak hari sebelumnya, benar-benar tercermin. Desainnya kuat dan modern. Maaf, tak seperti mobil untuk entry buyers yang cenderung dibuat apa adanya, Datsun hatchback memiliki postur yang proporsional. Detail garisnya berkelas dan enggak ada eksekusi yang nyeleneh demi alasan style.

Tapi ini baru model contoh. Celah pintu misalnya, hanya berupa nat, bukan daun pintu sebenarnya sehingga enggak bisa dibuka. Lalu interior, tertutup papan rata dari dasbor hingga dek bagasi. Namun soal dimensi, bisa diperkirakan.  Tingginya sekitar 1,5 meter (Nissan March 1,665 m).

Lalu panjangnya, dilihat dari kotak-kotak di karpet berukuran 50 x 50 cm, hampir 8 kotak atau 4 m. Lalu lebarnya, lebih dari 3 kotak atau lebih dari 1,5 m. Sekadar perbandingan, panjang March 3,725 m dan lebarnya 1,525 m. Ban yang dipakai, berukuran 155/65R14. Cobee menyebut, di Indonesia Datsun akan memakai regulasi green car (LCGC) dengan komponen lokal 60% dan terus bertambah hingga 80%. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa