Pertarungan Lorenzo-Pedrosa Atas Nama ‘Spanyol’

Sabtu, 28 April 2012 | 21:35 WIB


Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa adalah dua pembalap asal Spanyol yang memiliki reputasi tinggi dan ekspektasi besar untuk memenangi balapan di MotoGP Jerez, Spanyol. Namun siapa yang bakal memenangi balapan di seri kedua MotoGP 2012? Tentu tidak akan mudah mengatakan begitu saja, bahwa salah satu diantaranya akan finish di podium pertama. Namun mari kita melihat beberapa fakta yang ada.

Jorge Lorenzo
Jumlah kemenangan yang telah diraih oleh Jorge Lorenzo selama bertarung di kelas MotoGP, adalah 2 kali. Namun kemenangan fantastisnya adalah saat ia mampu mengambil keuntungan dari kondisi sirkuit yang sangat licin tahun 2011 lalu. Kesabarannya untuk tampil apik dan tidak terburu-buru jadi kunci kesuksesan juara dunia MotoGP 2010 itu.

Tapi tahun ini tidak akan mudah, mengingat Dani Pedrosa tampil sangat percaya diri dengan paket motor yang dimilikinya. Sayangnya di sesi kualifikasi posisinya direbut begitu saja oleh Lorenzo.

Dani Pedrosa
Sejak naik ke kelas MotoGP tahun 2006 lalu, Dani Pedrosa tidak pernah absen dari posisi podium. Bahkan ia juga konsisten menempati podium kedua sebanyak 5 kali, dan meraih kemenangan pada musim kompetisi 2008. Sayangnya kemenangan yang diraihnya tidak bisa terulang di musim berikut.

Namun untuk musim 2012, ambisi Pedrosa untuk memenangi balapan, tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat ia tampil sangat konsisten di sesi latihan yang menghadirkan kondisi lintasan yang cukup ekstrim.

Lalu bagaimana jika kondisi lintasan besok, seperti kondisi saat sesi latihan? Hmm, tentu bukan hanya Pedrosa yang bisa dikatakan mengambil keuntungan dari kondisi tersebut. Tapi Valentino Rossi yang sejak awal tampil kurang kompetitif, pun berani menargetkan hasil bagus jika kondisi sirkuit basah. Namun Pedrosa bisa jadi melesat lebih cepat, mengingat mereka sudah menemukan setting motor yang bagus pada kondisi seperti itu.

Lalu bagaimana dengan peluang pembalap Ducati yang start dari lini terdepan yaitu Nicky Hayden? Pembalap asal Amerika itu akan sulit diprediksi. Tapi gebrakan yang dilakukan juara dunia MotoGP 2006 itu, membuat kubu Ducati jadi lebih percaya diri. Jika ia bisa tampil lebih tenang jika kondisi sirkuit basah dan tampil agresif dalam kondisi sirkuit kering, finish podium bisa jadi opsi Hayden di Jerez.

Jangan lupakan Casey Stoner! kegagalannya tahun lalu akibat terjatuhnya Valentino Rossi yang membawanya ke pinggir lintasan, akan membuat ambisinya jadi lebih besar untuk meraih kemenangan. Jadi Stoner juga akan jadi rival terkuat para pembalap tuan rumah kali ini.

Apakah duo Spanyol mampu mempertahankan tanah kelahiran mereka dari serangan pembalap asing? Apalagi duo pembalap tim Yamaha Tech3 juga mulai tampil konstan. So, kita lihat buktinya besok. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA