Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dalam 2 Bulan 15 Ribu Mekanik Yamaha Siap Tangani Injeksi

billy - Kamis, 9 Februari 2012 | 08:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Bagi Yamaha Indonesia, menyambut era injeksi tidak hanya dilakukan dengan menyiapkan model baru berteknologi YMJET-FI, tapi juga dibarengi dengan kesiapan jaringan bengkelnya. Salah satunya adalah menyiapkan mekanik sebagai garda depan pelayanan after sales.

Kemampuan mekanik Yamaha di-upgrade agar mampu menangani perawatan Yamaha Mio J yang mengusung teknologi injeksi terbaru. Di tingkat nasional, para instruktur training dari seluruh training center Yamaha dikumpulkan di DDS Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dalam training ini, tiap gelombang diikuti oleh 30 peserta dan terbagi menjadi dua gelombang. "Dari pengenalan produk dan teknologinya hingga perawatan, trouble shooting dan penggunaan software diagnostic tool terbaru kami ajarkan," beber M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia ketika ditemui disela jalannya pelatihan (8/2).

Nantinya dari para instruktur ini transfer ilmu diteruskan ke daerah masing-masing hingga menyentuh semua mekanik Yamaha di Indonesia. "Targetnya dalam dua bulan, 15 ribu mekanik Yamaha sudah dikenalkan dengan teknologi injeksi terbaru Yamaha," lanjut Abidin.

"Tiap hari training akan terus berjalan dengan jumlah peserta 30 orang tiap sesinya. Dalam dua bulan targetnya bisa tercapai," yakin pria ramah ini.

Selain kesiapan mekanik, Yamaha juga sudah siap dengan special tools berkaitan dengan injeksi. Untuk melakukan pembersihan injektor misalnya, ada injector cleaner yang bentuknya menyerupai alat kalibrasi injektor pada mobil.

Fungsi alat ini mampu membersihkan dan mengembalikan performa injektor sesuai kondisi ideal. "Sebetulnya alat ini dipakai bila injektor bermasalah. Tapi, setidaknya setiap pemakaian 10 ribu kilometer injektor harus dibersihkan," urai Abidin. 

Software terbaru diagnostic tool Yamaha juga hadir dengan fitur yang lebih kompleks. "Kami juga mengajarkan pada para instruktur ini tentang fungsi semua fitur yang tersedia," sambungnya.

Alat yang dijual Rp 2,7 jutaan ini bisa mendiagnosis kerja semua komponen injeksi, mencari kerusakan hingga menjadi data logger. Biar lebih jelas, tim redaksi akan menyiapkan ulasan khususnya. Tunggu ya! (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa