Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha XJR 1300, Sederhana Tapi Garang!

billy - Rabu, 28 Desember 2011 | 15:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Desainnya sederhana tapi tetap garang, itulah Yamaha XJR 1300. Tampang streetfighter yang satu ini memang tidak secanggih moge Yamaha terbaru, meski begitu kesederhanaanya tetap menyihir bikers di Jepang.

Rangka turbular double-cradle, tanki dan desain cover bodi belakang relatif gemuk dan kaku. Panel indikator bernuansa kroom dipadu dengan head lamp bulat, serta suspensi stereo di roda belakangnya kental nuansa tahun 90'an.

Bahkan Yamaha begitu percaya diri menyebut kalau motor penampilan mesin motor ini begitu indah. Garis pada sirip-sirip pendingin di blok silindernya membuatnya makin artistik. 

Yamaha XJR 1300 yang pertama kali dirilis pada 1998 ini merupakan pengembangan dari XJR 1200 dan XJR 400. Sejak saat itu tak banyak yang berubah pada motor ini.

Paling sekedar perbaikan pada material komponennya. Seperti upgrade dari piston konvensional ke forget piston, mengatur ulang mesin untuk mengurangi getaran hingga upgrade dari karburator ke injeksi serta setting suspensi dan penyegaran warna.

No caption
No credit
No caption

Secara garis besar mesinnya juga tetap memakai kode EBL-RP17J/P514E. Mesin ini punya empat silinder segaris DOHC dengan 16 klep. Kapasitas mesinnya 1.250 cc didapat dari konfigurasi stroke dan diameter piston, 79 mm x 63,8 mm.
 
Kaki-kakinya juga makin kokoh dengan pelek palang 3 berukuran 17 inci di depan dan belakang. Pelek ini dibalut ban 120/70-17 di depan dan 180/55-17 di buritan.

Agar cepat berhenti, motor yang memiliki transmisi 5 percepatan ini dikawal dengan double disk brake di roda depan dan satu di belakang. Yang tak kalah istimewa adalah dukungan Ohlins yang konsisten menyediakan suspensi depan-belakang khusus untuk motor ini.

Motor yang dijual di pasar domestik Jepang ini dilepas 1,03 juta Yen atau sekitar Rp 121,8 jutaan. Dan khusus versi 2011 tersedia dalam dua pilihan warna, putih dan hitam. (motorplus-online.com)  


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa