Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha DT50X , Supermoto Untuk Pemula Cuma 50cc!

billy - Rabu, 24 Agustus 2011 | 15:37 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Di jalanan Portugal, supermoto Yamaha DT50X  ini sudah bukan barang asing. Bentuknya memang keren, gagah dengan tampang trail berroda aspal. Di Indonesia, mungkin layak di sejajarkan dengan Kawasaki D-Tracker 150.

Tapi ternyata, mesinnya cuma 50cc! Dan masih pakai oli samping alias mesin 2-tak. Karena mesinnya kecil, wajar bila tenaganya cuma 2,1 Kw di putaran mesin 6.750 rpm.

No caption
No credit
No caption

Atau kira-kira hanya seperlima dari tenaga Yamaha V-Ixion yang diklaim 11,1 Kw. Hehe.. Kebayang kan seperti apa performannya? Tapi rasanya ini cocok untuk biker pemula yang baru dapat surat izin mengemudi di Portugal.

Untuk mengakali agar tetap bisa lari kencang, Yamaha membekalinya dengan transmisi 6 speed. Oiya, mesin yang memiliki kompresi 12:1 ini juga sudah dilengkapi dengan radiator untuk mendinginkan mesin.

Meski tenaganya tak terlalu besar, rangka dan kaki-kakinya tergolong istimewa. Sasis deltaboxnya di kawal suspensi depan teleskopik panjang dan monoshock di belakang. Untuk pengereman ada disk brake di kedua roda.


Menariknya, pemilihan ukuran bannya lebih besar dari Yamaha Byson di Indonesia. Meski tenaga pas-pasan, ban belakang pakai ukuran 130/70-17 sedikit lebih besar dari Byson yang menggunakan ban 120/70-17. Sedang yang depan sama-sama pakai 100/80-17.

Mantab kan tampangnya! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa