Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CBR 150R Tanpa Kick Starter? Gak Perlu Takut Dorong!

billy - Kamis, 7 Juli 2011 | 11:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Ada saja yang khawatir Honda CBR 150R tanpa kick starter. Jangan-jangan kalau mogok harus dorong? Tenang, enggak semudah itu motor sport 150cc ini kena penyakit aki tekor yang menyebabkan electric starter-nya mati.

"Varian CBR 150R yang terdahulu juga enggak ada kick starter-nya dan ternyata tidak ada masalah," buka Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager, PT Astra Honda Motor (AHM) yang dikantornya masih menyimpan CBR 150R versi lawas.

"Yang penting rajin cek aki. Dalam jadwal perawatan berkala, mekanik harus melakukan pengecekan voltase baterai atau aki. Umumnya saat usia 1,5 tahun kemampuan aki mulai menurun dan harus di ganti," jelas pria ramah ini.

Lebih jauh, pria yang berkantor di Sunter ini menyebutkan kalau aki CBR 150R lama dan baru sama-sama punya arus 5 ampere. Selain itu, upgrade dari karburator ke injeksi bahan bakar PGM-Fi juga memberikan benefit pada perangkat starter elektrik ini.

Injeksi PGM-Fi membutuhkan suplai arus listrik yang lebih stabil, makanya perangkat altenator dan regulator-nya berubah jadi 3 Phase dari yang sebelumnya hanya 1 Phase.

"3 phase juga lebih baik dalam proses charging," yakin Sarwono Edhi. Charging bagus, aki juga bakal terus bekerja optimal. Jadi enggak perlu takut dorong! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa