Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Hemat Bahan Bakar dari Jagoan Irit Revo Medan

billy - Senin, 13 Juni 2011 | 13:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Berkendara dengan hemat bahan bakar atau biasa disebut dengan eco riding sebenarnya sangat bisa dilakukan oleh kita semua dalam keseharian. Kuncinya ada di pikiran dan kebiasaan.

Enggak percaya, ayo kita tanya para jawara Jagoan Irit Revo seri Medan yang baru saja diselenggarakan hari Minggu (12/6) kemain di sebuah pusat perbelanjaan di Jami Ginting, Medan.

Di Ibu kota provinsi Sumatera Utara ini, Selamat Efendi jadi juara di kelas Jagoan Kita Semua dengan konsumsi BBM 66,5 km/liter. Dan di kelas Jagoan Irit, Abdi Dermawan menjadi juara dengan konsumsi BBM 78,1km / liter. Hasil ini didapat dalam kondisi berboncengan loh.

"Buka tutup gas harus pelan-pelan," buka Selamat. Maksudnya diurut agar putaran mesin dilangsung teriak. Perpindahan giginya juga sebisa mungin dilakukan sebelum putaran mesin tinggi. "Saya lebih sering pakai gigi 3 dan 4 meski jalannya tidak terlalu kencang," jelas pemakai Honda Revo keluaran 2010 ini.

Wah artinya jalannya selalu pelan dong? Ternyata enggak juga, karena kedua juara ini masih lebih sering melaju di kecepatan 30 sampai 50 km/jam.

"Saya lebih sering berlari di 40 sampai 50 km/jam, sampai finish juga tidak terlalu lama," ungkap Abdi Dermawan yang mengaku tak pernah membuka gas untuk kepentingan tidak perlu, misalnya untuk geber-geber.

Kecepatan segitu masih wajar dijalanan perkotaan. Yang penting putaran mesin selalu dijaga agar tidak berteriak terlalu tinggi. Memang akselerasi sedikit dikorbankan, tapi secara keseluruhan tak jauh berbeda dengan berkendara normal kan?

Kalau mau lebih mencoba teknik yang lebih berat boleh coba masukan dari Abdi Dermawan. Sebelum macet atau bertemu traffic light, pria 28 tahun ini mainkan kopling lewat tuas transmisi agar kerja mesin jadi lebih ringan. Ketika tuas transmisi diinjak setengah otomatis kondisinya jadi netral, motor akan melaju tanpa beban.

"Tinggal diperkirakan saja, kalau sudah dekat dengan lampu merah dan tahu pasti akan berhenti buat apa buka gas terus-terusan," yakin Abdi Dermawan. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa