Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Klaim Spacy Tembus 41 km/liter, Lebih Irit Dari BeAT

billy - Kamis, 5 Mei 2011 | 11:53 WIB
No caption
No credit
No caption


Dalam sambutannya pada launching Honda Spacy (4/5), Yusuke Hori, Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim konsumsi bahan bakar skubek barunya ini mampu tembus 41 kilometer per liter.

"Lebih hemat dari Honda BeAT," ungkapnya. Bahkan dalam kondisi kecepatan konstan di 50 km/jam mampu tembus 67 km/liter. Wah kok bisa lebih irit ya? Padahal mesin yang digunakan sama, dan bobotnya pun lebih berat Spacy 4 kilogram ketimbang BeAT.
 
"Salah satunya karena perubahan bentuk air filter," ungkap Mitsuo Tamamura, Engineer Honda R&D untuk wilayah Asia Tenggara. Dengan dipindahnya boks filter udara dari bawah jok ke atas CVT maka suplay udara jadi lebih baik.

Dengan settingan ulang pada karburator maka didapat performa dan tenaga yang sama baiknya dengan Honda BeAT. Spacy 8,54 PS di 8.000 rpm di rpm sedang BeAT 8,22 PS di rpm. Tapi didapat konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

"Karburatornya sama. Pakai venturi 22mm. Tapi ada perbedaan pada main jetnya. Spacy pakai main jet 98, sedang BeAT 100," ungkap Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT AHM.

"Main jet lebih kecil makanya lebih irit, tapi tanpa mengorbankan peformanya," yakin Edhi. Ini klaim pabrikan Honda, untuk membuktikannya, tunggu sesi test ride di motorplus-online.

Honda Spacy ini menggunakan mesin 110cc yang sama dengan Honda BeAT dan Scoopy. Tapi pada penerapannya memang ada beberapa penyesuaian. Dipasaran Honda Spacy bakal dijual dengan harga Rp 11,75 juta untuk versi spoke wheel dan Rp 12,5 untuk casting wheel. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa