Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

XTZ Tenere 250, Motor Penjelajah Bermesin Yamaha Fazer 250

billy - Rabu, 6 April 2011 | 12:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sebelumnya, kita mengenal Yamaha Super Tenere, motor berkapasitas mesin 1.200cc bergaya penjelajah. Tapi kalau yang itu terlalu besar, Yamaha ternyata punya line up varian yang lebih kecil yaitu, Yamaha XTZ Tenere 250.

Sesuai namanya, kapasitas mesinnya hanya 250cc. Mesin ini serupa dengan yang dipakai pada Yamaha Fazer 250, ituloh motor sport turing 250cc yang sempat digosipkan bakal masuk ke Indonesia sebagai pengganti Scorpio Z.

Mesin satu silinder ini berteknologi SOHC dengan dua klep. Meski hanya satu silinder, namun mesin dengan diameter piston 74 mm dan stroke 58 mm ini diyakini memiliki tenaga hingga 21 Dk di 8000 rpm, sedang torsinya mencapai 2,1 kgf.m. Cukuplah untuk berpetualang.

Mesin boleh sama dengan Fazer 250, tapi urusan desain bodinya terlihat seperti versi mini dari Yamaha Super Tenere 1200. Ground clereance-nya tinggi, tentunya disesuaikan dengan medan ekstreem yang bakal sering dilaluinya.

Pemilihan kombinasi rodanya pun ala motor trail sejati. Ban depan pakai kembangan semi pacul 80/90-21, sedang belakang pakai 120/80-18 keduanya dibalut ban Pirelli tipe All Terrain (A/T).

Setang tinggi memastikan pengendaranya tidak cepat lelah menempuh perjalanan jauh. Windshield tinggi dan tanki berkapasitas 16 liter ini tentunya membuat pengendara makin tenang.


Bentuk panel indikatornya didesain dengan perpaduan LCD digital dan analog. Dilengkapi dengan odometer dua trip, indikator bahan bakar dan jam digital. Meski penunjuk kcepatannya sudah digital, tapi takometernya menggunakan tampilan analog agar mudah dibaca.

Motor yang dijual di Brazil ini dilepas dalam dua pilihan warna. Putih dengan decal warna merah dan hitam dihiasi striping silver. Sayangnya, model ini enggak di jual di Asia. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa