Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Patenkan 27 Komponen Baru di CBR250R

billy - Rabu, 9 Maret 2011 | 11:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Pada motor baru pasti ada banyak teknologi baru. Agar enggak dijiplak, harus dipatenkan dong! Hal ini dilakukan Honda pada CBR250R. Motor yang benar-benar baru mulai dari mesin hingga sasis dan desain bodinya ini memiliki banyak part yang sudah paten atas nama Honda.

"Totalnya ada 27 item yang dipatenkan Honda," jelas Edhi, Tecnical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Penasaran kan apa saja?

Ayo mulai dari mesinnya. Di area kepala silinder ada konstruksi dan mekanisme kerja katup masuk dan buang. Mesin DOHC ini diklaim yang pertama dilengkapin dengan roller rocker arm. Desain ini diyakini bisa berpengaruh pada fuel consumption.

Berikutnya adalah mekanisme kruk as yang minim suara. Suara yang halus ini berkat penggunaan rolling bearing di connection rod dan plain bearing di kruk as. Honda juga mematenkan kemudahan penggantian shim pada sistem katup.

Lanjut, di mesin Honda juga mematenkan struktur pelumasan pada camshaft, posisi O2 sensor, layout pompa oli, posisi speed sensor dan struktur oil pan yang diyakini sangat kompak, serta mekanisme cooling system yang diklaim memiliki desain sangat simpel dan struktur boks filter.

Lanjut ke sasis dan bagian bodi-nya. Mulai dari struktur sasis baru hingga engine mounting sudah dipatenkan. Semua desain bodi mulai dari struktur tanki, side cover, rear fender hingga lampu belakang.

Begitu juga dengan perangkat antilock brake system. Honda juga mematenkan layout modulator pada ABS-nya serta main harness layout ABS. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa