Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda CBR250R Versi Indonesia dan Thailand

billy - Minggu, 27 Februari 2011 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski dipasarkan secara global ke lebih dari 20 negara di dunia, tapi tentunya Honda CBR250R punya perbedaan di tiap negara yang memasarkannya. Contoh paling mudah, versi Indonesia dan Thailand saja punya beberapa perbedaan.

Perbedaan ini juga sekaligus menjadi pembeda antara Honda CB250R versi PT Astra Honda Motor dengan Honda CBR250R versi importir umum (IU) yang didatangkan langsung dari Thailand.

"Pertama, versi Indonesia sudah dilengkapi dudukan plat nomor depan. Kalau di Thailand dan negara-negara lain di Eropa dan Amerika tidak perlu plat nomo depan," buka Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT AHM

"Kita sudah desain agar palt nomot tidak mentok spatbor depan dan fairing," lanjutnya. Perbedaan berikutnya adalah pada saklar lampu depan.


"Di Thailand lampu langsung menyala, tapi di Indonesia regulasinya masih abu-abu, kita pilih tetap pakai saklar lampu," jelas Edhi. Saklar lampu ini terletak pada panel di stang sebelah kanan.

Dan terakhir terkait dengan standar emisi. Di Thailand sudah Euro3, sedang di Indonesia masih Euro2. "Ada komponen yang dikurangi di Honda CBR250R versi Indonesia. Namanya canister evaporator," ungkap pria yang berkantor di Sunter ini.

Fungsinya untuk membuat uap bensin dari tanki yang hendak dimasukan ke dalam ruang mesin menjadi lebih ramah lingkungan. Uap bensin dari tanki kalau keluar tentunya jadi emisi juga. Nah, dengan dimasukan ke ruang mesin lewat selang pernafasan maka akan lebih baik emisinya. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa