Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AG100 dan AG200E, Motor Untuk Pertanian Dari Yamaha

billy - Rabu, 16 Februari 2011 | 08:32 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Yamaha AG100, lebih ringkas dan ramping

Australia memiliki banyak lahan pertanian, artinya kebutuhan kendaraan untuk keperluan pertanian juga tinggi. Peluang ini dilihat Yamaha dengan terus konsisten menghadirkan model dengan seri "Agricultural Offroad Motorcycle Products".

Sesuai namanya, motor ini mengutamakan fungsi yang menunjang kebutuhan petani di negeri kanguru ini. Jangan heran bila tampangnya jadul banget! Ingat Yamaha YT 115? Ya, mirip-mirip lah.

Yamaha Motor Australia punya dua tipe, yang pertama adalah AG100. Sesuai namanya, mesinnya hanya 98cc atau dibulatkan jadi 100cc, dan masih 2tak.

Yamaha pun tak banyak menawarkan teknologi pada motornya ini. Teknologi unggulannya masih seputar pengapian dengan CDI dan sistem autolube untuk pelumasan oli sampingnya.

Meski begitu, Yamaha jelas sekali ingin memaksimalkan performanya di trek offroad. Ratio gigi satu dan duanya sengaja dibuat ringan agar enteng melibas trek tak bersahabat.

Lalu kelengkapan seperti rack di buntut dan di atas head lamp bisa dijadikan tempat menaruh barang. Lalu hand guard juga tetap ada meski bentuknya sangat sederhana, hanya pipa besi yang dilingkarkan di depan stang.

AG200E, penjualanya lebih laris ketimbang versi AG100. Mesin 4 langkah, kaki-kakinya lebih nyaman
Model yang kedua adalah AG200E. Kabarnya, model ini jauh lebih laris ketimbang versi AG100. Yang pasti karena mesin 4 tak 200cc-nya bikin konsumsi bahan bakarnya lebih hemat.

Secara dimensi pun lebih besar dan gagah. Cocok dengan postur tubuh warga Australia yang umumnya berbadan bongsor. Dan yang pasti urusan kenyamanan. Suspensi depan AG200E lebih besar, suspensi belakangnya juga sudah monosok, plus jok ekstra tebal. Mantap kan!

Sayangnya di Indonesia yang memiliki banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani, tak ada model sepeda motor yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan mereka. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa