Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha 'Klik Byar', Bakal Jadi Aplikasi Standar Motor Yamaha, Tahun Depan

billy - Kamis, 18 November 2010 | 09:39 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Peraturan menghidupkan lampu di siang hari (lights-on), kembali disuara oleh pabrikan motor Yamaha. Meski aturan ini sudah cukup lama disosialisasikan, namun PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM motor Yamaha bersama Ditlantas Polda Metro Jaya mengingatkan lagi dengan menggelar program ‘Klik Byar’ (12-16/10).

Program tersebut sesuai UULLAJ No 22 tahun 2009 pada pasal pasal 107 ayat (2) yang berbunyi “Pengendara sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana menyalakan lampu utama pada malam hari, wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.”

Makanya terbilang positif mengingat angka kecelakaan yang melibatkan motor terus meningkat. Menurut data yang dihimpun Ditlantas Polda Metro Jaya, angka kecelakan motor pada Januari hingga Agustus 2010 capai 3.118 kejadian. Dari jumlah kejadian tersebut, 186 orang meninggal dunia.

“Kegiatan ini merupakan agenda semua pihak. Sehingga Yamaha berinisiatif mendukung langkah-langkah Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mengampanyekan safety riding,” jelas Paulus S. Firmanto, GM promotion & motorsport YMKI.

Asiknya, gelaran ‘Klik Byar’ ini turut melibatkan mekanik untuk memodifikasi lampu motor agar langsung menyala begitu kontak diposisi ‘On’. Caranya dengan mem-bypass kabel saklar lampu menuju kunci kontak atau aki.

Selain memodifikasi rangkaian lampu di lokasi acara, Yamaha juga berencana di sejumlah unit barunya yang akan dipasarkan tahun depan mengadopsi sistem penerangan ‘klik byar’. “Untuk motor dengan sistem penerangan tersebut, masih dalam riset. Tapi kemungkinan besar adalah jenis bebek,” ungkap Paulus.

Meski begitu, salah satu kurang berhasilnya program light-on ini di mata pengendara motor karena kekhawatiran terhadap usia pakai bohlam dan aki yang lebih cepat.

“Hal itu merupakan konsekuensi. Tapi semestinya pemilik motor lebih sayang keselamatannya ketimbang mikirin bohlam, yang jelas harganya tak setimpal dengan nyawa,” sambung pria yang berkantor di Jl. Dr. Krt. Radjiman Widyodiningrat, Pulo Gadung, Jaktim ini.

Lantas untuk motor Yamaha yang masih menerapkan saklar di lampu utama, YMKI berencana memberikan layanan untuk memodifikasi lampu utama.

“Jika memungkinkan hal ini akan di instruksikan pada sejumlah bengkel resmi Yamaha untuk membantu program Klik Byar secara kontinyu,” imbuhnya lagi.

Mudah-mudahan bisa menekan akan kecelakaan.


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa