Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CBR250R, Single Cylinder Akselerasi Sport Sejati

Editor - Kamis, 28 Oktober 2010 | 14:48 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Lepas berwisata malam di Kota Pattaya, pagi ini OTOMOTIFNET.com meninggalkan Centra Grand Mirage Beach Resort, menuju sirkuit international Bira Pattaya (28/10). Kami pun langsung siap menyiksa ketangguhan new sport bike single silinder Honda CBR250R.

Dapur pacu CBR250R  tergolong unik karena baru pertama kalinya di dunia, sport bike berteknologi twin cam (DOHC) tapi masih dilengkapi roller rocker arm. Setelan klep sudah menggunakan shim dan dirancang khusus saat penggantian shim tanpa melepas noken as.

"Roller bisa mengurangi gesekan. Meskipun dilengkapi rocker arm, desainnya sangat kompak dan ringan," ujar Hiroshi Okada, Large Project Leader CBR250R ini.

Didukung layout ruang bakar  dan kompresi 10,7:1, CBR250R diklaim sangat powerfull tapi tetap mudah dikendarai. Spek mesin over square-nya, memudahkan motor gampang diajak lari spontan, tapi tetap efisien karena dilengkapi pemasok bensin injeksi.

Begitu giliran nyemplak CBR250R, cukup adaptasai singkat, kunci kontak on langsung start. Suara mesin cukup halus dan suara knalpotnya tergolong lembut untuk ukuran motor 250cc berkarakter kencang. Di panel instrumen tertera tulisan ABS (anti-lock braking system), pertanda bahwa motor yang dites oleh OTOMOTIFNET.com, adalah versi tertinggi dari dua varian yang disiapkan oleh Honda (rem ABS).

Begitu bendera start dikibarkan, motor langsung melesat mengikut racing line motor sang pemandu. Selepas 2 lap, masing-masing rider diberikan kesempatan mengeksplorasi motor sepuasnya hingga 15 menit

Kesan pertama akselerasi CBR250R cukup mantap. Bukaan gas hingga rpm menyentuh di limiter 11.000 sangat ringan. Tenaganya padat, bahkan hingga gigi lebih tinggi. OTOMOTIFNET.com bahkan sering lupa pindah gigi, karena enteng dan tiba-tiba tersendat limiter.

Sayangnya karakter sirkuit terasa kurang bersahabat untuk menggail top speed. Napas mesin masih sangat berlimpah, meskipun spidometer telah menyentuh angka 130 km/jam. Prediksi kami bisa tembus 150 km per jam.

Penulis : Zoelis
Foto : Benny

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa