Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Aman Berkendara Skutik Saat Lewati Banjir

Editor - Senin, 18 Oktober 2010 | 13:15 WIB
No caption
No credit
No caption


Posisi kaki, membantu menjaga keseimbangan saat menerjang banjir

OTOMOTIFNET - Karena skutik punya cover bawah yang bikin motor ngambang bila melewati banjir, Jusri kasih trik biar gak kayak perahu.

“Oke, kalau tetap ingin melewati banjir, posisi badan sedikit lebih maju dari biasanya. Lalu, posisikan salah satu kaki maju ke depan dan mundur pada kaki yang satunya lagi,” urai penyuka motor trail ini.

Posisi tersebut, kata Jusri, berguna untuk menjaga center of gravity dan handling. Dengan posisi salah satu kaki yang mundur tadi, diharapkan berat badan akan bertumpu pada kaki tersebut, sehingga memudahkan handling motor dan tubuh saat menerjang banjir.

Setelah siap, berjalanlah melewati banjir bersamaan dengan kendaraan lain di depan anda, bisa motor atau mobil. Posisikan roda depan ban motor Anda sejajar dengan ban belakang kendaraan di depan.

Usahakan ban depan sedekat mungkin dengan ban kendaraan di depan. Makin dekat makin bagus, tapi harus tetap waspada kalau-kalau kendaraan tersebut berhenti mendadak.

Tujuannya, roda kendaraan di depan berfungsi untuk membelah genangan air. Jadi ketika dilewati, genangan air sudah terbelah dan gak setinggi sebelum dilewati.

“Tapi ingat, waspada dengan kendaraan di depan dan ingat kemampuan motor menerjang banjir. Kalau gak yakin, mending pilih jalan memutar,” bilang Nanan lagi.

Penulis/Foto: Atenx / Atenx

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa