Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaket Berlampu Sein, Ada Yang Mau Buat?

Editor - Rabu, 24 Februari 2010 | 15:11 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Beberapa kasus kecelakaan pengendara sepeda motor terjadi karena tertabrak oleh kendaraan lain ketika sedang berbelok. Hal ini biasanya terjadi karena lampu sein pada sepeda motor tidak terlihat karena letaknya yang rendah dan sinarnya yang kurang terang.

Masalah ini dapat dieliminasi dengan cara menaikan posisi lampu sein. Tapi membuat dudukan lampu sein lebih tinggi justru akan mengganggu tampilan. Trus apa dong solusinya?

Salah satu solusinya bisa dengan menggunakan jaket yang dilengkapi lampu sein seperti yang dibuat oleh Leah Buechley. Leah Buechley adalah seorang asisten profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Media Lab, Amerika Serikat, sebuah institute teknologi terkemuka di negerinya Presiden Obama.

Jacket buatan Leah Buechley ini menempatkan dua buah lampu sein di bagian punggung. Keuntungannya jelas, karena penempatan lampu seinnya yang lebih tinggi dan bentuk lampunya yang besar, menjadikan nyala lampu mudah terlihat oleh kendaraan yang lebih tinggi. Seperti mobil atau truk dan bus. 

Jaket berlampu sein ini menggunakan lampu jenis LED bermerek LilyPad Arduino yang bisa dijahit dan menjadi satu kesatuan dengan jacket. Praktisnya, perangkat lampu ini dapat dijahit di bahan kain maupun kulit. Untuk menyalakan lampunya dibuatkan juga sebuah tombol sebagai saklar.

Untuk saat ini jaket tersebut memang dibuat bagi pada pengguna sepeda kayuh yang jumlahnya makin banyak di Amerika. Namun tentunya tidak tertutup kemungkinan digunakan oleh para pengendara sepeda motor. Apalagi di Indonesia yang jalanannya penuh dengan sepeda motor. 

Para juragan jaket, ada yang minat bikin?

Penulis/foto: Ilham/thekneeslider

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa