Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Helm Wajib Untuk Pembeli Skutik

Editor - Senin, 22 Juni 2009 | 05:52 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dulu, pemberian helm bagi pembeli motor bolehlah dibilang sebagai bonus. Tetapi kini sudah hal yang wajib, sebagai tanggung jawab produsen motor untuk melindungi keselamatan konsumennya.

No caption
No credit
No caption

Suzuki Skywave - Skydrive
No caption
No credit
No caption

Honda Vario - Beat
No caption
No credit
No caption

Yamaha Mio Sporty

Yamaha Mio Soul

Termasuk dalam penjualan skutik yang kini jumlahnya ngalah-ngalahin motor bebek, pembeli mendapat helm sebagai pelindung selama berkendara.

Lalu bagaimana gambaran helm-helm pemberian dari pabrikan yang biasanya sudah menetapkan standar keselamatan bagi calon konsumennya? Berikut beberapa helm yang diperoleh saat Anda membeli skutik. Tentunya, penilaian akhir ada di tangan Anda.

Suzuki Skywave dan Skydrive
Pembeli dua tipe skutik Suzuki ini akan mendapat helm half face. Warnanya putih, merah, hitam, emas dan oranye. Helm memiliki logo SNI, sebagai penanda helm sudah memenuhi standar. Meski demikian, batok helm terasa tipis. Sementara sistem penguncinya menggunakan material plastik.

Tetapi bagi pembelian Skywave NR diberikan helm full face. “Helmnya asik, biar busanya agak tipis tapi tetap enak dipakai di kepala,” ungkap Dudi yang juga memakai motor Suzuki Skywave NR.

Honda Vario dan Beat
Untuk Vario dan Beat AT, para pembelinya dibekali helm half face. Helm berlabel TRX-3 pertama dikeluarkan pada tahun 2008 dan telah mengalami beberapa perubahan dari sebelumnya lantaran bentuk dan kualitasnya dinilai kurang.

“Helm ini memiliki bentuk dan kualitas lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Iswahyudi, sales supervisor di PT Astra Internasional Tbk - Honda Jl. Dwi Sartika No. 225 Jaktim.

Helm yang disiapkan hanya satu warna, hitam. Berbeda dengan helm bawaan pabrik sebelumnya yang desainnya rada aneh, bentuknya helm baru ini enggak jauh beda dengan yang ada di pasaran. Sistem penguncian sistem klik menggunakan material logam.

Yamaha Mio Sporty dan Soul
Yamaha menyiapkan dua macam helm untuk pembelian skuter matiknya. Yaitu khusus pembeli Mio Sporty dan Mio Soul. Untuk pembelian Mio Sporty, CW dan jari-jari diberikan helm half face yang dilengkapi dengan kaca (visor) sebagai penutup wajah.

Model helm ini masih sama dengan helm Mio Sporty produksi tahun-tahun yang lalu. Untuk helm ini disediakan beberapa warna, yaitu merah, biru dan hitam.

Sedangkan untuk pembelian Mio Soul, helm yang diberikan sebagai pelengkap berkendara punya model berbeda dengan helm yang di berikan di Mio Sporty. Helm juga tidak dilengkapi dengan kaca penutup.

Bahan yang digunakan kedua helm ini sama. Begitu pula sistem pengunci dagu dan busa yang masih menggunakan bahan plastik dan berbusa tipis. “Helm dikirim bersamaan dengan motor dari pabrik. Jumlah helm yang dikirim sama dengan jumlah motor,” tutur Lina, sales counter dealer Yamaha di Jl. RS Fatmawati No. 54 CDE, Jakarta Selatan.

Penulis/Foto:Febri/Iday,Febri

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa