Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Hyundai i20 Spec Rally 2013, Siap Tanding

Selasa, 28 Mei 2013 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Sosok hatchback Hyundai i20 di Indonesia memang kurang diminati ketimbang saudaranya Grand Avega. Namun di pasar global, i20 terbilang sukses, bahkan disiapkan sebagai andalan di ajang reli WRC tahun depan.

Tentu bukan i20 versi standar yang disiapkan pabrikan asal Korea Selatan ini untuk bertanding. Melainkan mobil yang dipersiapkan khusus dengan tes melebihi jarak 550 km dengan analisa data dan pengembangan spesial di dua negara.

Yup, agar semakin kompetitif, i20 WRC dibangun dengan kolaborasi antara Hyundai R&D facility di Namyang, Korea dan fasilitas anyar mereka, Hyundai Motorsport GmbH di Alzenau, Jerman yang dikepalai veteran balap WRC, Michel Nandan.

Oleh para insinyur Hyundai, i20 WRC dibekali mesin 1.6 liter turbo yang kini ditingkatkan tenaganya hingga 200 dk.

Tak hanya urusan mesin, sektor aerodinamika juga menjadi fokus pengembangan tersebut. Antara lain sistem pendinginan, wing belakang, spoiler depan dan peningkatan kemampuan sistem suspensi dan sasis.

Rencananya, i20 WRC akan mendebut di ajang Reli Monte Carlo 2014 mendatang dan akan ada serangkaian test yang siap diikuti hingga akhir tahun.

Sebagai catatan, Hyundai bukanlah pemain baru di ajang reli WRC. Sebelumnya di tahun 2000-2003, mereka sempat menurunkan sedan Accent di gelaran tersebut. Dan arena reli lain yang dilahap adalah Pikes Peak dengan gacoan Veloster turbo bertenaga 500 dk. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa